Tips Dan Cara Menghilangkan Bekas Luka Lama Yang Menghitam Dari Bahan Alami

tips-dan-cara-menghilangkan-bekas-luka-lama-yang-menghitam-dari-bahan-alami

Tips dan cara menghilangkan bekas luka lama yang menghitam – Rasanya aneh kalau ada orang yang mengaku bahwa dirinya tidak pernah terluka sama sekali. Luka bisa muncul karena kamu terjatuh, terkena benda tajam, gatal dan iritasi atau luka lainnya yang kemudian memunculkan bekas luka lama yang menghitam. Hal ini tidak jadi masalah dan mungkin kamu akan cenderung membiarkannya jika bekas luka tersebut hanya hitam sedikit saja, tetapi kalau tampak besar dan di bagian kulit yang terbuka misalnya di wajah, ini bukan masalah kecil lagi. Kamu bisa merasa terganggu karena penampilan jadi tidak maksimal dan rasa percaya diri bisa menghilang begitu saja.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Cepat Agar Kulit Kembali Normal

tips-dan-cara-menghilangkan-bekas-luka-lama-yang-menghitam-dari-bahan-alami

Beberapa orang juga mengalami keluhan luka yang tidak bisa sembuh dengan cepat. Hal ini disebabkan karena tidak pernah disuntik vaksin polio, kurang darah putih, pantangan makanan yang tidak dilaksanakan, atau karena adanya infeksi. Nah, berikut beberapa tips dan cara menghilangkan bekas luka lama yang menghitam dengan menggunakan bahan alami, karena lebih aman dan tidak memberikan resiko apapun jika dilakukan dengan benar.

1. Daun pare
Kamu mungkin pernah mendengar nama daun pare. Selain rasanya yang pahit, pare ternyata menyimpan rahasia kesehatan yang benar-benar bermanfaat. Ya, pare bisa digunakan untuk memudarkan bekas luka.

Caranya:
Siapkan beberapa lembar daun pare terutama yang masih segar. Sediakan air bersih untuk mencuci daun pare yang sudah disiapkan, kemudian haluskan. Daun pare yang sudah halus harus diperas dan campur air perasannya dengan tepung beras. Campuran dua bahan tersebut akan membentuk pasta dan bisa dijadikan olesan ke bagian bekas luka yang ingin dihilangkan. Biarkan selama 1 hingga 2 jam dan gunakan air bersih untuk membilas.

Tetapi, cara ini benar-benar tidak disarankan jika digunakan untuk menghilangkan bekas luka di wajah, sebab bisa menyebabkan iritasi karena kulit wajah lebih sensitif dari kulit lainnya.

2. Daun mint
Bahan yang bisa kamu coba adalah daun mint. Salah satu tanaman herbal ini bisa berguna karena sering digunakan sebagai bahan untuk pasta gigi, minyak angin dan juga obat kumur. Bahkan, daun mint juga memiliki khasiat yang tinggi terutama untuk mengoptimalkan regenerasi sel kulit sebab adanya kandungan mineral alami yang cukup efektif. Dalam penggunaannya, kamu harus menggunakannya secara teratur terutama untuk mengatasi bekas luka yang menghitam dan cukup bandel.

Caranya:
Ambil beberapa lembar daun mint yang masih segar dan tumbuk daun tersebut sampai benar-benar halus, tapi jangan benar-benar halus. Daun yang sudah ditumbuk tadi digosokkan ke bagian bekas luka dengan hati-hati dan pelan-pelan dengan gerakan memutar. Terus gosok kurang lebih 30 menit dan gunakan air hangat untuk membilas.

Hindari menggunakan daun mint untuk mengatasi masalah bekas luka hitam di wajah.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Kaki, Wajah, Dan Kulit Dengan Bantuan Medis

3. Timun
Tips dan cara menghilangkan bekas luka lama yang menghitam yang selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan timun atau mentimun. Khasiat mentimun bukan hanya memberikan efek segar pada wajah ketika dijadikan masker, tetapi juga sangat mampu memudarkan bekas luka. Jika dipakai secara rutin, mentimun bisa mengatur minyak berlebih pada wajah.

Caranya:
Siapkan mentimun beberapa biji yang masih segar dan cuci terlebih dahulu sampai benar-benar bersih.
Mentimun kemudian diblender sampai halus beserta kulitnya.
Oleskan mentimun yang sudah diblender tadi di bekas luka, lakukan secara rutin terutama setelah mandi.
Biarkan sampai masker mentimun ini benar-benar bersih dan bilas dengan air bersih.

4. Teh hijau
Teh hijau juga dikenal dengan kandungan antioksidan yang terbilang tinggi yang juga kerap disebut seabgai Epigallocatechin Gallate (EGCG). Daam berbagai penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dalam bahan ini sekitar 200 kali lipat lebih baik jika dibandingkan dengan vitamin E sehingga sangat baik untuk dijadikan tips dan cara menghilangkan bekas luka lama yang menghitam. Bahan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi peradangan, merawat kulit dan menghilangkan bekas luka.

Kebanyakan orang kaan menyeduh teh ini dan meminumnya setiap hari. Tetapi, karena kamu ingin menghilangkan bekas luka yang menghitam, kamu bisa menggunakannya sebagai toner.

Caranya:
Tinggal celupkan handuk atau kapas ke seduhan teh hijau dan kemudian usapkan ke bagian bekas luka sampai benar-benar merata. Cara ini bisa dilakukan secara rutin setelah mandi.

5. Buah mengkudu
Selain teh, buah mengkudu juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Buah mengkudu bekerja secara efektif untuk mencegah jerawat atau menghilangkan bekas luka.

Buah ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka baik di wajah, tangan, kaki atau bagian lainnya.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Bekas Luka Jerawat Di Wajah Secara Alami Untuk Kulit Lebih Cerah

Caranya:
Tinggal haluskan buah mengkudu yang sudah matang, dan oleskan di bagian yang terdapat bekas luka secara merata, kemudian bilas dengan air bersih setelah didiamkan dalam beberapa menit.

6. Minyak biji pangkal bunga mawar
Mungkin kamu belum pernah dengar, sebenarnya minyak ini diambil dari biji pangkal bunga mawar dengan kandungan senyawa yang dapat bekerja untuk mengatasi bekas luka yang menahun dan dijual di supermarket atau apotik.

Caranya:
Oleskan minyak di area bekas luka, beri sedikit pijatan dan urut lembut agar minyak bisa meresap. Bilas dengan air dingin jika sudah didiamkan 1-2 jam.

Itulah tips dan cara menghilangkan bekas luka lama yang menghitam, semoga membantu!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply