Kenali Penyebab Kanker Kulit Buat Kamu Yang Sering Kerja di Luar

kenali-penyebab-kanker-kulit

Kenali Penyebab Kanker Kulit Buat Kamu Yang Sering Kerja di Luar – Buat kamu yang sering kerja di luar misalnya outdoor, resiko terkena penyakit kanker kulit jaih lebih tinggi dibanding mereka yang bekerja didalam ruangan. Hal ini dikarenakan penyebab kanker kulit adalah terlalu sering terkena paparan sinar matahari, terutama saat siang hari. Pada sian hari, sinar matahari mengandung UV A dan UV B.

BACA JUGA : Mau Tampil Awet Muda? Coba Deh 7 Cara Merawat Kulit Tubuh Berikut

kenali-penyebab-kanker-kulit-buat-kamu-yang-sering-kerja-di-luar

Kanker kulit adalah kondisi dimana adanya pertumbuhan abnormal pada DNA tubuh yang kemudian akan merusak bagian sel-sel kulit yang kerap terpapar matahari. Masalah ini bisa terjadi pada siapapun. Selain sinar matahari, ada beberapa penyebab lainnya yang memicu kanker kulit. Untuk kamu yang bekerja di luar ruangan, semua penyebab adanya kanker kulit harus kamu kenali. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Paparan sinar matahari

Kandungan UVA dan UVB dalam sinar matahari dapat merusak DNA. Kanker kulit bisa terjadi jika kamu terlalu sering terpapar sinar matahari, sebab kandungan tersebut dapat membuat sel kulit mengalami masalah terutama pada DNA pada gen yang berfungsi untuk mengatur pertumbuhan sel. Untuk itu, hindari terlalu lama atau terlalu sering terkena sinar matahari terutama saat jam 10 pagi hingga jam 5 sore. Diwaktu tersebut, sinar matahari menjadi berbahaya untuk kulit yang juga dapat meningkatkan resiko kanker kulit. Jika terus terpapar sinar matahari sampai bertahun-tahun lamanya tanpa adanya pelindung, kamu mungkin terkena resiko besar mengalami kanker kulit. Nah, akan ada baiknya jika kamu menggunakan pelindung supaya kulit tidak terpapar terik matahari.

Pelindung yang bisa digunakan adalah topi, baju lengan panjang atau juga payung. Lotion penangkal UV juga sangat direkomendasikan untuk perlindunganmu.

2. Tanning bed

Kalau kamu sering pakai tanning bad, bisa jadi resiko kanker kulit menjadi dua kali lipat. Tanning bed adalah lampu UV dimana jika terlalu lama atau terlalu sering menggunakannya, malah dapat merusak kulit sel. Tak hanya menyebabkan kanker kulit, tetapi juga dapat menimbulkan penuaan dini mulai dari keriput, bintik-bintik cokelat atau kulit longgar. Akan lebih baik kamu tidak sering menggunakannya, apalagi merasa sampai terbiasa menggunakannya. Kamu juga haris berkonsultasi dengan dokter umtuk tahu lebih banyak tentang dampak dan resiko menggunakan alat tersebut baik untik terapi atau untuk masalah penampilan.

kenali-penyebab-kanker-kulit

3. Infeksi kulit dan peradangan pada kulit

Penyebab munculnya kanker kulit selanjutnya adalah karena ada infeksi kulit atau peradangan. Kulit yang terluka seperti luka lama, luka baru, borok, atau luka bakar jika terpapar sinar X atau terkena bahan kimia lainnya misalnya petrolium dan arsenik yang memicu kanker kulit. Resiko ini terbilang kecil, tetapi kamu harus tetap waspada agar kelak tidak ada masalah kerusakan sel yang bisa membuat pertumbuhan sel menjadi tidak normal dan menyebabkan kanker kulit.

Jika mengalami infeksi atau peradangan pada kulit, ada baiknya untuk segera menghubungi dokter ahli kulit. Membiarkan luka dalam waktu yang lama dapat membuat penanganan terlambat. Untuk kulit yang terkena infeksi atau virus, kamu bisa berkonsultasi dokter untuk memberikan suntikan anti peradangan atau antivirus supaya tidak ada jaringan sel yang rusak dan merusak bagian lainnya.

4. Daya tahan imun rendah

Daya tahan imun adalah gerbang dan benteng pertahanan tubuh manusia sehingga saat benteng tersebut begitu lemah, hal ini bisa memicu penyebab kanker kulit. Untuk penderita AIDS dan yang terkena virus HIV, mereka lebih rentan dengan berbagai penyakit, sehingga kemungkinan terkena penyakit kanker kulit pun juga cukup besar. Rendahnya daya tahan tubuh dapat memicu kerusakan sel. Bahkan, jika daya tahan tubuh cukup rendah, ada resiko tinggi terkena berbagai jenis kanker.

5. Alkhohol

Kandungan etanol dalam alkohol jika sampai masuk dalam tubuh, maka akan berfungsi seperti racun karena berubah menjadi senyawa asetaldhida. Hal ini yang membuat kanker kulit menjadi muncul dan merusak DNA. Kinerja sel-sel di dalam tubuhmu menjadi berhenti dan bahkan sama sekali tidak bisa berfungsi. Apalagi, ada molekul yang begitu reaktif dalam alkohol yang juga disebut sebagai Reactive Oxygen Species (ROS) yang terbilang berbahaya yang bekerja untuk merusak DNA dan memicu berbagai kanker.

6. Merokok

Merokok bukan hanya menjadi penyebab utama sakit paru-paru, stroke atau jenis penyakit lainnya. Disebutkan oleh pakar Archives of Dermatology, perokok akan mengalami daya tahan tubuh yang rusak sehingga akan lebih mudah terkena penyakit. Kanker kulit yang bisa menyerang perokok dengan mudah adalah karsinoma sel skuamosa.

7. Genetik

Penyebab munculnya kanker kulit yang selanjutnya adalah adanya masalah genetik. Untuk mereka yang punya kulit putih, berbintik-bintik dan berambut merah memiliki resiko terkena kanker kulit seperti jenis melanoma. Kulit yang tampak begitu putih adalah kondisi keturunan yang cukup langka misalnya karena sindorm Gorlin atau xeroderma pigmentosum (XP) yang cukup besar resikonya terkena kanker kulit. Bahkan, resikonya jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kulit gelap. Pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan rutin melakukan test serta screening sehingga dapat memantau perkembangan sel.

Penyebab lainnya yang memicu kanker kulit adalah bisul, PUVA fotografi Psoralen dan sinar ultraviolet, tahi lalat dan radiasi. Kanker ini juga cukup sering menjangkiti banyak orang. Karena penyebab kanker kulit paling utama adalah terkena paparan sinar matahari, lakukan pencegahan supaya kulitmu tidak terkena kontak langsung dengan sengatan sinar matahari.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply