Cari Tahu Penyebab Bayi Kembar Buat Yang Pengen Hamil Bayi Kembar

Cari Tahu Penyebab Bayi Kembar Buat Yang Pengen Hamil Bayi Kembar

Cari Tahu Penyebab Bayi Kembar Buat Yang Pengen Hamil Bayi Kembar – Jika membayangkan memiliki anak kembar memang merepotkan, tetapi coba lihat bagaimana lucunya jika memiliki anak kembar. Tidak sedikit dari beberapa pasangan ingin memiliki anak anak kembar. Sekali melahirkan diberikan dua orang anak. Tapi hati hati resiko untuk kembar dengan tubuh yang menempel juga sangat besar. Sebelum memutuskan ingin mempunyai anak kembar, pelajari terlebih dahulu mengenai kehamilan bayi kembar, apa penyebab bayi kembar. Anak kembar adalah dua bayi atau lebih yang membagi uterus yang sama, tapi tidak selalu dilahirkan pada hari yang sama.

Cari Tahu Penyebab Bayi Kembar Buat Yang Pengen Hamil Bayi Kembar

Bukan hanya tentang penyebab dari bayi kembar saja, anda juga harus tahu bahwa kembar memiliki dua jenis yang berbeda. Berikut ini dua jenis bayi kembar :

1. Kembar dizigotik (fraternal)

Kembar dizigotik biasa disebut juga dengan kembar tidak identik. Kembar tidak identik disebabkan oleh zigot zigot yang berbeda beda dari sel telur. Terdapat adanya lebih dari satu sel telur yang melekat pada dinding rahim, kemudian dibuahi oleh sperma secara bersamaan. Proses ovulasi kadang kadang mampu melepaskan lebih dari satu sel telur matang menuju tuba fallopi jika di buahi akan memunculkan lebih dari zigot. Secara umum, kembar tidak identik tidak akan berbeda dari saudara biasanya. Sekalipun kembar tetapi juga bisa mendapatkan jenis kelamin yang berbeda, entah perempuan dengan laki laki atau sesama jenis dalam satu kandungan.

Penyebab bayi kembar

2. Kembar monozigotik (identik)

Kemar identik terjadi dikarenakan adanya sel telur tunggal yang terbuahi kemudain membentuk menjadi satu zigot namun dalam perkembangannya zigot tersebut membelah menjadi embrio yang berbeda dan embrio tersebut berkembang menjadi janin dan berbagi rahim yang sama. Dari tambahan pemisahan zigot kembar identik dapat berbagi amnion yang sama atau berbeda amnion. Berbagi amnion yang sama dapat menyebabkan komplikasi dalam kehamilan. Misalnya saja tali pusar dari kembar dapat tebelit sehingga mengurangi atau mengganggu penyaluran darah ke janin yang berkembang.

Baca juga : Obat Flu Untuk Ibu Hamil Secara Alami Ini Aman Kok Untuk Dikonsumsi

Jika anda sudah tahu apa itu anak kembar, dan bagaimana anak kembar mungkin bagi anda pasangan yang ingin mempunyai anak kembar akan mencari apa saja yang dapat menyebabkan bayi kembar berharap ada cara agar mengupayakan anaknya kelak lahir kembar. Berikut ini beberapa penyebabnya :

1. Faktor Genetika

Biasanya beberapa orang yang memiliki keturunan kembar akan memiliki anak kembar juga. Penyebab bayi kembar salah satunya memang karena faktor genetika. Faktor genetika bisa dikatakan merupakan penyebab utama untuk seseorang bisa memiliki anak kembar karena seseorang yang memiliki keluarga hubungan sedarah melahirkan anak kembar, maka akan ada kemungkinan besar orang tersebut akan mengalami hal yang sama juga. Namun bukan berarti yang tidak memiliki keturunan kembar tidak bisa mendapatkan anak kembar, ada kemungkinan hanya saja lebih kecil.

Cari Tahu Penyebab Bayi Kembar Buat Yang Pengen Hamil

2. Memiliki kelebihan berat badan

Rasanya agak aneh jika penyebab bayi kembar adalah kelebihan berat badan, namun memang benar salah satu penyebabnya adalah kelebihan berat badan. Seseorang yang memiliki berat bedan akan lebih memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk bisa memiliki anak kembar. Ada sebuah peneltian dari College of Obstetrics and Gynecology yang mengatakan penyebab kehamilan anak kembar tiga sering sekali terjadi pada wanita yang memang memiliki tubuh dari 30. Namun, hal tersebut juga akan terjadi jika mereka memiliki sejarah dari pasangan suami ataupun istri untuk memiliki anak kembar.

3. Program Fertilisasi

Bayi kembar bisa juga karena adanya program fertilisasi yang dilakukan. Dengan canggihnya teknologi masa kini tidak perlui lagi kesulitn untuk menginginkan anak kembar. Jika di jaman dahulu mendapatkan anak kembar adalah keuntungan yang berlimpah saat ini jauh berbeda, sebab memiliki anak kembar juga bisa menggunakan program. Penggunaan program fertilisasi memiliki fungsi untuk memberikan stimulus terjadinya ovulasi di dalam rahim dan penerapan bay tabung yang akan memungkinkan terjadinya embrio yang tumbuh lebih dari satu di dalam rahim seorang wanita. Jadi memiliki anak ataupun memiliki anak kembar bukan hal yang susah lagi pada jaman ini.

4. Hamil pada usia tua

Ketika seorang perempuan hamil diusia tua ada kemungkinan 17% untuk mendapatkan anak kembar, usia di atas 45 tahun memang memiliki peluang namun bukan berarti tanpa resiko. Melahirkan diusia tua tentu saja membahayakan bagi ibu ataupun bayi dalam kandungan. Kondisi yang paling berbahaya untuk keselamatan adalah hamil diusia, sekalipun sangat menginginkan anak kembar lebih baik difikir lagi untuk memiliki anak diumur 50 tahun.

5. Pernah melahirkan anak kembar

Penyebab lainnya untuk bisa lahir bayi kembar juga bisa karena melahrikan anak kembar. Sekalipun dulu diketurunan nya tidak pernah ada sejarah melahirkan anak kembar, tetapi wanita yang pernah melahirkan anak kembar akan memiliki peluang besar untuk melahirkan anak kembar lagi. Peluang tersebut bisa mencapai sampai 4 kali lipat.

Memiliki anak kembar memang tidak bisa selalu direncanakan, jikapun bisa juga tidak bisa memiliki peluang besar untuk berhasil. Lebih baik memiliki anak yang satu tapi sehat dari pada kembar tetapi banyak kemungkinan buruk yang dipertaruhkan. Keselamatan ibu dan bayi lebih penting. Itulah informasi tentang penyebab bayi kembar, semoga bermanfaat!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply