Anak Rewel Karena Sakit Gigi? Ini Nih Obat Sakit Gigi Anak Yang Aman Dan Cepat

anak-rewel-karena-sakit-gigi-ini-nih-obat-sakit-gigi-anak-yang-aman-dan-cepat

Anak Rewel Karena Sakit Gigi? Ini Nih Obat Sakit Gigi Anak Yang Aman Dan Cepat – Berbicara tentang sakit gigi, tentunya bukan hal yang menyenangkan. Sakit gigi dapat membuat penderitanya tidak hanya merasakan sakit pada gigi. Namun, ia juga bisa diserang demam yang tinggi jika sakit giginya sudah terlalu lama dan tidak sembuh-sembuh. Untuk penderita usia remaja hingga usia senja, sebagian besar dari mereka tentu sudah dapat mengerti bagaiamana sakit gigi itu. Berbeda dengan usia anak-anak. Mereka tentu saja tidak akan tahan dengan yang namanya sakit, termasuk dengan sakit gigi. Anak-anak dalam segala kisaran usia pasti akan rewel ketika mengalami sakit pada giginya. Nafsu makan akan berkurang, gusi di sekitar gigi yang sakit akan terasa nyeri, dan jika berkepanjangan akan menyebabkan demam. Obat sakit gigi anak tentunya tidak sedikit, namun sebagian besar orang tua akan mengandalkan dokter khusus gigi untuk mendapatkan pengobatan gigi bagi anaknya.

BACA JUGA : Cara Merawat Gigi Behel Biar Gigi Nggak Malah Rusak

anak-rewel-karena-sakit-gigi-ini-nih-obat-sakit-gigi-anak-yang-aman-dan-cepat

Sakit gigi pada anak akan sangat mengganggu aktifitasnya yang sedang dalam usia aktif. Untuk bermain saja menjadi enggan. Inginnya hanya tidur dan tidak mau diganggu. Terakhir, mereka akan menangis sepanjang hari karena tidak tahan dengan nyeri yg mereka rasakan di sekitar gigi dan gusi. Jika sudah demikian, obat yang dicari bukan hanya obat untuk gigi. Namun, juga obat untuk demamnya. Sakit gigi pada anak banyak diakibatkan karena mereka sering mengkonsumsi makanan yang kurang sehat, seperti makan-makanan yang mengandung bahan pemanis buatan terlalu tinggi. Misalnya permen.

Untuk anak, cara yang tepat ketika mereka sakit gigi adalah dengan membawa mereka ke dokter gigi. Dari pemeriksaan dokter, akan ada resep yang berisi obat sakit gigi anak yang jauh lebih aman dari obat sakit gigi yang ada di warung. Harganya memang lebih mahal, namun khasiatnya lebih ampuh dan aman dikonsumsi untuk anak-anak. Jika sakit gigi anak disebabkan karena gigi berlubang, solusinya adalah menambal gigi berlubang tersebut ke dokter gigi. Baru setelahnya akan mendapat resep obat jika memang diperlukan.

Perlu diketahui juga hal-hal yang harus dilakukan ketika masa-masa awal sakit gigi pada anak. Yaitu dengan memberikan campuran air hangat dan garam. Aduk hingga garam larut bersama air. Kemudian arahkan anak untuk berkumur menggunakan cairan tersebut. Tujuannya adalah mengurangi bakteri pada gigi yang sakit. Karena tidak semua anak berani untuk langsung mendapat pengobatan oleh dokter gigi, lakukan juga pijatan menggunakan es batu pada sekitar gigi yang sakit. tujuannya untuk mengurangi rasa nyeri pada gusi dan gigi. Pijatkan secara teratur hingga saatnya sang anak mau dibujuk untuk berobat ke dokter gigi.

Obat yang mungkin akan didapat dari resep dokter kurang lebih bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit sedikit demi sedikit, prosesnya lebih cepat dari cara manual yang sudah dijelaskan di atas. Selain obat untuk menghilangkan rasa sakit, akan diberikan obat penurun demam yang timbul sebagai akibat nyeri di sekitar gusi dan gigi. Di bawah ini adalah obat-obat baik secara alami maupun tidak, diakui dapat menyembuhkan sakit gigi pada anak :

obat-sakit-gigi-anak

1. Obat sirup
Obat sirup yang mengandung paracetamol akan membantu menurunkan demam dan rasa sakit sekitar gigi. Berikan pada anak yang menderita sakit gigi sesuai takaran dari dokter secara teratur. Biasanya sebanyak 3 kali sehari sesudah makan.

2. Gel oles
Benzocaine yang terkandung dalam gel oles gigi ini akan membantu meredakan nyeri. Meski sifatnya hanya sementara, setidaknya akan membantu mengurangi rewel pada anak. Obat ini akan membuat gusi seakan mati rasa, sehingga anak tidak akan merasakan sakit. Teteskan di atas kapas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.Biarkan gel meresap ke dalam gigi secara merata. Jangan sampai tertelan ke dalam mulut.

3. Minyak Cengkeh
Tidak jauh berbeda dengan menerapkan gel oles. Teteskan pada kapas, kemudian oleskan secara merata pada gigi yang sakit dan gusi disekitarnya. Kandungan yang ada dalam cengkeh diyakini banyak orang memiliki sifat antibiotik yang mampu membunuh bakteri.

4. Madu
Selain dapat dinikmati selagi badan sehat, madu juga dipercaya untuk membantu mengobati sakit gigi pada anak. Tempatkan madu pada gigi yang berlubang. Pastikan madu tersebut tidak dijilat lalu ditelan. Agar kandungan madu yang dapat mengobati sakit gigi tidak hilang.

5. Bawang Putih
Perannya tidak hanya sebagai bumbu masakan, namun juga dapat mengobati sakit gigi. Caranya? Tidak sulit. Tumbuk bawang putih hingga sedikit halus, campurkan pada air hangat. Setelah bercampur, minta anak untuk berkumur selama kurang lebih 5-10 menit. Mengingat kandungan bawang putih dapat menimbulkan rasa panas, jangan terlalu lama dalam berkumur.

6. Bawang merah
Sedikit berbeda dengan bawang putih, menggunakan bawang merah sebagai obat sakit gigi anak cukup dengan mengupas 1 siung kemudian letakkan pada gigi yang sakit. Di dalam bawang merah terkandung anti-microba yang dapat mengurangi rasa sakit akibat infeksi pada gigi.

Dari sekian banyak cara mengobati sakit gigi anak yang sudah dijelaskan di atas, tentunya tetaplah usia anak menjadi pertimbangan. Jika anak sudah memasuki usia untuk mengerti cara berkumur, terapkan obat sakit gigi anak yang menggunakan cara berkumur. Hal ini dilakukan untuk menghindari cairan tertelan oleh anak. Oleh sebab itu, dalam mengobati sakit gigi anak harus ada di bawah pengawasan orang tua. Pada dasarnya, sakit gigi timbul karena kurang rajin merawat kesehatan gigi. Oleh karena itu, awali dengan menggosok gigi secara teratur.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply