Suka Musik? Ini Fakta Manfaat Mendengarkan Musik Buat Kesehatan

suka-musik-ini-fakta-manfaat-mendengarkan-musik-buat-kesehatan

Suka Musik? Ini Fakta Manfaat Mendengarkan Musik Buat Kesehatan – Musik baik yang instrumental maupun yang memiliki lirik tentu pernah kita dengar. Banyak jenis aliran musik seperti klasik, pop, rock, R&B, hip hop dan beragam jenis musik lainnya tidak hanya enak di dengar, terkadang juga bisa mempengaruhi perasaan bagi yang mendengarkannya. Beragam jenis musik tersebut dapat meninggalkan kesan pengaruh yang berbeda pada pendengarnya. Musik dapat membuat seseorang merasa santai, sedih, menangis dan tertawa. Tapi ternyata tidak cukup sampai di situ, manfaat mendengarkan musik juga bisa meningkatkan kesehatan Kamu.

suka-musik-ini-fakta-manfaat-mendengarkan-musik-buat-kesehatan

Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut 16 manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan tubuh:
1) Meningkatkan suasana hati
Mendengarkan musik mampu membuat otak Kamu melepaskan dopamine, suatu bahan kimia yang berguna untuk membangkitkan mood Kamu secara instan.
2) Meningkatkan perkembangan fisik dan mental janin
Janin yang selalu diperdengarkan musik sejak dalam kandungan memiliki perkembangan fisik dan mental yang lebih positif setelah lahir. Selain itu, mereka akan memiliki kecerdasan motorik, intelektual dan linguistik yang lebih baik.
3) Menyehatkan otak dan mencegah kepikunan
Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2001, orang yang sering mendengarkan musik memiliki otak yang lebih tajam. Penelitian dari University of Kansas Medical Center menemukan bahwa orang yang terkait dengan musik, seperti belajar musik dan terbiasa mendengarkan musik memiliki otak yang lebih muda dibandingkan dengan orang yang tidak menyukai musik. Efeknya seperti pijatan. Peneliti menemukan bahwa partisipan yang melakukan terapi pijatan selama lebih dari 12 minggu memiliki tingkat stres yang sama dengan orang yang mendengarkan musik. Manfaat mendengarkan musik pada usia senja dapat membantu dalam mempertahankan kesehatan otak serta mencegah penuaan otak atau kepikunan.

BACA JUGA : Manfaat Aerobik Ini Bikin Kamu Hilangin Masalah Perut Buncit Dan Jadi Lebih Bugar!

4) Meredakan nyeri
Musik memiliki sifat sebagai pengatur nyeri yang hebat. Musik bekerja pada sistem saraf. Otomatis dan dapat meringankan rasa sakit kronis serta rasa sakit pasca operasi. Bahkan, terapi musik kini digunakan di rumah sakit sebagai pengganti obat penghilang rasa sakit saat melahirkan, anestesi dan pasca-operasi. Selain itu, musik bertindak sebagai pengalih perhatian pasien dan memberikan pasien kontrol. Musik ditengarai bisa membuat partisipan melupakan rasa sakit fisik mereka. Musik juga memaksa tubuh untuk melepaskan endorfin untuk menetralkan rasa sakit. Sementara musik lambat / slow bermanfaat untuk melemaskan detak jantung dan pernapasan pasien.
5) Mengontrol tekanan darah
Mendengarkan musik slow dapat membantu Kamu mengontrol tekanan darah. Mendengarkan musik klasik setiap hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.
6) Baik untuk kesehatan jantung
Kamu mungkin berpikir bahwa musik tak ada kaitannya dengan jantung. Namun penelitian University Maryland Medical Center menemukan kaitan antara jantung yang sehat dan kebiasaan mendengarkan musik. Penelitian mengungkap bahwa orang yang mendengarkan musik ceria memiliki aliran darah yang lebih lancar hingga 26%. Namun jika mereka mendengarkan musik yang sedih, aliran darah akan menurun hingga 6%.
7) Musik menurunkan stres
Mendengarkan musik setiap sore hari atau ketika berangkat kerja membuat kondisi psikologis seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian di University of Gothenburg, mendengarkan musik yang di sukai setiap hari bisa menurunkan tingkat stres.
8) Membuat pasien rileks sebelum operasi
Seringkali pasien merasa takut dan stres ketika sedang menunggu untuk di operasi. Dengan mendengarkan musik, pasien dapat bersantai dan menenangkan pikiran.
9) Memperkuat daya ingat
Musik bisa digunakan untuk menigkatkan kemampuan otak anak anak. Partisipan yang mengambil kelas musik diketahui memiliki nilai yang lebih baik dalam tes daya ingat dibandingkan partisipan yang tidak mendengarkan musik.
10) Mengendalikan nafsu makan
Mengkonsumsi makanan sambil mendengarkan musik dapat membantu memperlambat gerakan makan. Jika tips ini Kamu lakukan secara rutin, niscaya Kamu akan mengalami penurunan berat badan.
11) Mengendalikan mood saat mengemudi
Mendengarkan musik sambil mengemudi merupakan hal lazim dan sering dilakukuan kebanyakan orang. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Musik ternyata dapat membuat pengemudi merasa gembira dan terhindar dari stres.
12) Meningkatkan kemampuan visual, verbal dan kecerdasan
Pendidikan musik yang diberikan kepada anak anak usia dini dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak, keterampilan visual dan verbal anak. Memainkan alat musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan IQ seseorang.
13) Meningkatkan kualitas tidur
Musik menenangkan pikiran dan jiwa sehingga membantu Kamu tidur nyenyak. Di samping itu, musik juga dapat meningkatkan kualitas tidur serta menyembuhkan imsonia.
14) Meningkatkan olahraga
Manfaat mendengarkan musik sambil berolahraga mampu meningkatkan daya tahan, mood dan mengalihkan perhatian Kamu dari segala bentuk ketidaknyamanan serta kelelahan.
15) Mengembalikan ingatan yang hilang
Musik dapat membantu orang mengingat lagu dan mengembalikan ingatan yang berkaitan dengan lagu tersebut. Hal ini karena bagian otak yang berfungsi memproses musik bersebelahan dengan memori otak.
16) Melindungi pendengaran
Selama ini mendengarkan musik dalam volume keras memang diketahui bisa merusak pendengaran. Namun orang yang sering bermain musik selama hidup mereka memiliki kemampuan mendengar lebih baik. Sama seperti ketika seseorang melatih otot mereka, begitu juga dengan pendengaran yang terlatih untuk mendengarkan musik. Namun tentu saja Kamu harus tetap berhati hati. Jangan mendengarkan musik dalm volume keras, terutama ketika menggunakan headphone.

Beragam manfaat mendengarkan musik di atas mungkin dapat membuat Kamu menjadi lebih semangat dalam mendengarkan atau memainkan musik. Tapi, jika tujuan Kamu adalah untuk meningkatkan atau menjaga kesehatan, tentu musik saja tidak cukup. Tetaplah menjaga kesehatan Kamu dengan mengkonsumsi makanan sehat dan menjalani gaya hidup yang sehat. Serta konsultasikan kondisi kesehatan tubuh Kamu dengan dokter untuk mendapatkan anjuran yang tepat. Sudah mendengarkan musik apa Kamu hari ini ?

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply