6 Manfaat Behel Gigi Cari Tahu Biar Nggak Ikutan Tren atau Gaya Doang

manfaat-behel-gigi

6 Manfaat Behel Gigi Cari Tahu Biar Nggak Ikutan Tren atau Gaya Doang – Dewasa ini di Indonesia sangat marak penggunaan behel atau kawat gigi terutama di kalangan remaja. Banyak orang memanfaatkan behel gigi untuk gaya dan tren. Tanpa menyadari bahaya serta apa sebenarnya manfaat behel gigi. Bahkan di Korea orang yang menggunakan behel akan lajang selamanya. Karena mereka beranggapan bahwa yang memakai behel gigi nampak lebih cupu,udik dan membosankan.

6-manfaat-behel-gigi-cari-tahu-biar-nggak-ikutan-tren-atau-gaya-doang

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Lemak Di Paha Ini Bantu Kamu Peroleh Paha Yang Ideal

Behel adalah perawatan ortodontis untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak harmonis, untuk mendapatkan hubungan gigi yang baik sehingga memperbaiki fungsi pengunyahan dan menciptakan keserasian estetika wajah. Behel gigi terbuat dari kawat atau kabel. Satu perangkat behel gigi terdiri dari band, bracket, brackec hook dan archwire. Jika merasa tidak percaya diri karena khawatir deretan gigi Kamu terlihat buruk saat tertawa, mungkin Kamu bisa mempertimbangkan pemakaian behel gigi. Behel gigi juga bertujuan mencegah kondisi yang bisa membahayakan kesehatan. Gigi yang tidak rata menyebabkan resiko penumpukan plak dan sisa makanan yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan periodontal. Periodontal adalah penyakit yang menyerang jaringan pendukung yang menghubungkan antara gigi dan tulang penyangganya.

Kapan sebaiknya memasang behel gigi? Untuk memasang behel gigi, sebaiknya dilakukan pada usia antara 8 hingga 14 tahun, ketika sudah terdeteksi posisi gigi yang tidak beraturan dan tumpang tindih. Karena pada usia tersebut gigi masih berada dalam proses pertumbuhan, sehingga masih dapat diperbaiki. Sekarang banyak bermunculan ahli gigi yang menawarkan jasa pemasangan behel dengan harga yang murah dibandingkan dengan biaya pemasangan behel di dokter gigi.Tapi Kamu harus hati – hati apabila memasang behel di sembarang tempat. Pemasangan yang baik umumnya di lakukan oleh dokter ortodonti, yaitu dokter gigi yang telah menjalani pelatihan khusus pengencangan dan perataan deretan gigi.

Manfaat behel gigi sangat banyak sekali karena memiliki efek bagi kesehatan gigi dan gusi serta untuk tubuh. Meskipun memang tidak semua orang menggunakan behel gigi.

Manfaat behel gigi yang harus Kamu ketahui.

Berikut ini adalah beberapa manfaat behel gigi :

manfaat-behel-gigi

1. Meratakan posisi gigi
Manfaat utama dari pemasangan kawat gigi adalah untuk meratakan posisi susunan gigi Kamu. Tidak ada orang lahir dengan kesempurnaan. Salah satu bentuk ketidaksempurnaan yang mungkin muncul pada seseorang adalah kondisi susunan gigi yang tidak rata. Hal ini bisa di cirikan dengan posisi gigi dengan jaraknya terlalu melebar, ketinggian yang berbeda, Dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan behel gigi selama beberapa tahun, terutama dalam usia 8 sampai 14 tahun akan memperbaiki posisi gigi yang tidak rata tersebut menjadi lebih baik.

2. Memperbaiki posisi gigi yang terlalu renggang
Kelainan gigi lainya yang mungkin muncul pada diri seseorang ialah kondisi gigi yang tumbuhnya terlalu renggang jaraknya satu sama lain. Kondisi ini biasanya sering sekali menyebabkan makanan tertinggal di sela – sela gigi dan apabila tidak dibersihkan dengan benar akan berakibat pada munculnya bau mulut dan kerusakan pada gigi.

3. Mencegah resiko penumpukan plak pada gusi dan gigi
Behel gigi memiliki tujuan utama untuk memperbaiki posisi gigi yang terlalu rapat, terlalu renggang dan juga tumpang tindih. Kondisi gigi yang tidak normal tersebut dapat meningkatkan resiko munculnya penumpukan plak dan kuman pada gigi dan gusi. Plak dan bakteri yang menumpuk dapat menyebabkan banyak hal, seperti:
 Sakit gigi
 Karang gigi
 Gigi berlubang
 Abrasi pada gigi
 Sariawan dan gusi berdarah
 Yang terparah adalah Kamu dapat terserang kanker mulut

4. Mempermudah proses pembersihan gigi
Dengan menggunakan behel gigi, maka kondisi susunan gigi Kamu akan menjadi lebih teratur dan rapi. Hal ini akan berpengaruh juga terhadap proses pembersihan gigi yang biasa dilakukan dengan cara menyikat gigi. Gigi yang rapi dan teratur akan lebih mudah dalam merawat dan menyikatnya dan otomatis kondisi gigi akan menjadi lebih bersih.

5. Mencegah gigi berlubang
Dengan kondisi gigi yang rapi dan proses pembersihan gigi yang lebih mudah , maka gigi Kamu akan selalu bersih dan bersinar. Hal ini dapat mengurangi resiko Kamu mengalami sakit gigi dan juga gigi berlubang, yang diakibatkan kurang terjaganya kebersihan gigi Kamu.

6. Lebih baik dalam proses mengunyah
Manfaat selanjutnya dari behel gigi adalah suksesnya pemasangan behel gigi pada gigi Kamu, maka gigi Kamu akan menjadi lebih teratur, yang akan berdampak langsung pada proses mengunyah makanan.

Semakin banyak posisi gigi yang harus dikoreksi maka semakin lama penggunaan behel gigi pada pasien. Setelah menggunakan behel, pasien harus melakukan pemeriksaan rutin sebulan sekali. Orang yang memakai behel harus benar – benar menjaga kesehatan giginya. Nah, yang perlu menggunakan behel gigi adalah orang yang memiliki masalah dengan susunan giginya.

Sedangkan bahaya dari menggunakan behel adalah dapat merusak gigi, karena kawat yang berada di gigi lama – kelamaan akan membuat gigi menjadi goyang dan tidak bisa diatasi lagi. Perlu diketahui bahwa gigi berhubungan langsung dengan syaraf penting. Jika kurangnya perhatian maka akan timbul gangguan bicara , pusing berkepanjangan dan penegangan otot leher. Dengan mengetahui manfaat behel gigi yang sebenarnya maka pertimbangkanlah jika Kamu ingin memasang behel gigi.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply