Macam-Macam Jenis Model Behel Gigi Dan Cara Pemasangannya

macam-macam-jenis-model-behel-gigi-dan-cara-pemasangannya

Macam-macam jenis model behel gigi – behel gigi atau kawat gigi merupaka salah satu tindaakan yang akan dilakukan pada bagian rongga mulut agar bisa menjaga gigi tetap rapid an sehat. Kawat gigi yang dipasang akan menekan barisan gigi-gigi untuk bergerak kea rah-arah tertentu dengan perlahan dalam yang terbilang lama. Dengan penggunaan behel gigi bisa membuat membuat rahang ikut berubah akibat adaptasi terhadap tekanan dan gerakan gigi saat memakai behel gigi.

BACA JUGA : Cara Memasang Behel Lepas Pasang Sendiri Dengan Mudah Di Rumah

macam-macam-jenis-model-behel-gigi-dan-cara-pemasangannya

Pada zaman dulu, metode pemasangan behel gigi dilakukan atas indikasi kesehatan,yakni untuk merapatkan gigi yang terlalu renggang supaya lebih gampang untuk mengunyah makanan, mengembalikan bentuk rahang atas dan bawah agar sama, dan menata -kembali gigi gigi yang tidak rapi. Perlu di ketahui bahwa pemasangan behel pada gigi dianggap penting untuk mengatasi permasalahan pada gigi yang tidak rapi. Waktu dulu banyak yang tak mengenal macam-macam jenis model behel gigi.

Namun pada zaman sekarang, pemasangan kawat gigi hanya di dasari oleh keindahan semata dan juga agar penampilan agar lebih fashionable. Saat ini ada banyak beberapa macam-macam jenis model behel gigi Sudah banyak wanita yang melakukan pemasangan behel gigi untuk memperbaiki penampila supaya bisa tampil lebih cantik dan juga menarik. Ada juga yang hanya mengikuti trend semata. Apapun itu, alasan-alasan yang mungkin masuk akal jika masih mau menggunakan behel gigi dengan cara yang benar dan juga tepat. Dan melakukan pemasangan tersebut dengan ahlinya.

Kawat atau behel gigi terdiri dari 3 komponen utama yakni :

1. Biji-biji kecil yang telah menempel di setiap gigi yang berfungsi untuk membuat deretan gigi menjadi sama dan sejajar. Biji-biji ini bisanya terbuat dari bahan polikarbonat, keramik, baja, titanium, atau plastik yang berwarna-warni.

BACA JUGA : Manfaat Pemakaian Behel Pada Gigi Untuk Kesehatan

2. Cincin gigi yang mengelilingi gigi berfungsi sebagai penyambung antara biji-biji kecil yang telah menempel di bagian gigi. Cincin gigi juga ada yang terbuat dari baja dan ada juga yang berbuat dari titanium, ada yang berwarna-warni dan ada juga yang transparan.

3. Kawat yang melengkung akan memandu pergeseran atau pergerakan gigi. Kawat ini dilekatkan pada bagian biji-biji yang menempel di gigi dan terbuat dari bahan nikel, titanium, atau tembaga.

Setelah Melihat 3 komponen di atas, sebenarnya terdapat bermacam-macam jenis model behel gigi Berdasarkan jenis dan pemasanganya .

Macam-Macam Behel Gigi Berdasarkan Cara Pemasangannya

kawat-atau-behel-gigi

BACA JUGA : Cara Merawat Gigi Behel Biar Gigi Nggak Malah Rusak

1. Behel gigi permanen
Behel gigi ini akan melekat di bagian gigi dalam jangka waktu yang bisa terbilang lama sehingga gigi selesai terkoreksi dengan baik dan benar. Melakukan pemasangan behel gigi yang permanen minimal memakan waktu 2 tahun dan bahkan dapat juga waktunya akan lebih lama. Behel gigi ini terdiri dari biji-biji kecil yang telah dilekatkan di setiap gigi dan akan dihubungkan dengan kawat.

2. Behel gigi lepasan
Behel gigi lepasan merupakan behel gigi yang tidak permanen atau tidak melekat di gigi dan bisa dilepas dan dipasang kembali sewaktu-waktu sesuai keinginan kita. Behel gigi ini terbuat dari penampang plastik yang telah dicetak sesuai bentuk rahang dan gigi si penggunanya dan dipasang pada beberapa gigi sampai bisa menutup langit-langit mulut. Behel ini perlu dilepas ketika mau makan dan juga jika mau menggosok gigi, Lalu dipasang kembali jika kegiatan tersebut sudah selesai.

3. Retainer
Retainer merupakan behel gigi yang berupa kawat untuk digunakan di akhir perawatan gigi, yakni setelah behel gigi permanen dilepas. Behel gigi jenis ini berkhasiat untuk menstabilkan posisi gusi, rahang dan juga gigi supaya tetap pada posisi barunya dan tidak kembali bergeser ke posisi yang lama.

Macam-Macam Behel Gigi Berdasarkan Jenis Bahan Karet Behel Gigi

1. Metal Braces
Behel gigi metal merupakan behel gigi yang paling sering digunakan oleh orang-oramg saat ini.Komponen behel ini terdiri dari biji-biji keci yang telah menempel di setiap gigi dan behel ini terbuat dari logam dan juga diperkuat dengan beberapa kawat penghubung antara biji-biji gigi.

2. Behel estesis
Behel gigi keramik merupakan salah satu behel gigi yang mirip dengan behel metal tapi ini memiliki warna yang sama dengan gigi asli jadi orang yang mengguakan behel ini akan terlihat seperti tidak sedang memakai behel gigi. Behel estetis ini di rasa cukup nyaman ketika dipakai, baik untuk berbicara ataupun mengunyah. Jenis behel keramik ini sangat cocok bagi orang yang mengalami alergi jika memakai behel logam.

3. Behel gigi damon
Behel gigi damon merupakan behel gigi yang sama dengan behel metal tapi memiliki pengunci sendiri di setiap biji-biji giginya. Oleh sebab itu, behel gigi damon lebih nyaman untuk dipakai karena gigi bisa lebih leluasa bergerak kesana kemari. Behel ini juga mempunyai kelebihan stabil I dalam pergerakannya jadi tidak perlu untuk pengawasan yang sangat ketat bila dibandingkan dengan macam behel gigi yang lainnya.

Perlu di ketahui bahwa pemasangan macam-macam jenis model behel gigi lebih memerlukan perawatan dan kebersihan yang tepat. Akan lebih bagus lagi jika di lakukan dengan dokter spesialis ortodontik ayang khusus menangani masalah gigi dan tulang sekitarnya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply