Lagi Hamil? 7 Manfaat Lagu Klasik Untuk Ibu Hamil Dan Janin Ini Harus Kamu Ketahui

lagi-hamil-7-manfaat-lagu-klasik-untuk-ibu-hamil-dan-janin-ini-harus-kamu-ketahui

Lagu Klasik Untuk Ibu Hamil – Pada trimester kedua, janin mengalami perkembangan yang sangat pesat. Baik dari segi ukuran maupun kemampuan. Salah satu kemampuan penting yang mulai berkembang pada masa ini adalah kemampuan pendengaran. Pendengaran menjadi satu satunya saluran komunikasi antara janin dan dunia luar. Ia dapat merasakan lingkungan sekitarnya melalui pendengaran. Atas apa yang bisa didengarnya tersebut ia pun akan memberikan reaksi. Ibu dapat merasakan reaksi tersebut dalam bentuk gerakan janin di dalam kandungan.

lagi-hamil-7-manfaat-lagu-klasik-untuk-ibu-hamil-dan-janin-ini-harus-kamu-ketahui

Sehubungan dengan berkembangnya indra pendengaran janin ini, orang mulai menghubungkan janin dengan musik. Tetapi Anda juga harus tahu, bahwa ternyata tidak semua jenis musik memiliki efek yang positif. Penelitian menunjukkan bahwa jenis musik yang paling baik dipercaya untuk merangsang perkembangan otak adalah lagu klasik. Mengapa lagu klasik ? alasannya adalah sifatnya yang teratur dari segi tempo dan struktur nada, sehingga mampu memberikan penggambaran tersendiri bagi otak. Gambaran yang menunjukkan bahwa dunia ini memiliki garis garis yang saling berhubungan kendati tak terlihat. Kemampuan menarik garis garis yang tak terlihat itulah yang membuat perbedaan kecerdasan. Lagu klasik merupakan komposisi musik yang lahir dari budaya Eropa. Setelah berkembangnya zaman, lagu klasik mulai tersebar ke seluruh penjuru dunia salah satunya Indonesia. Salah satu jenis lagu klasik yang diperdengarkan adalah lagu klasik dari Mozart. Tahukah Anda lagu klasik dapat memberikan manfaat yang besar bagi ibu hamil dan janin ? Penasaran kan apa saja manfaat dan janin ? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Mengurangi Stres

Manfaat yang pertama adalah dapat mengurangi stres pada ibu hamil. Biasanya seorang ibu hamil akan mengalami perubahan fisik ataupun mental. Tak hanya itu, ibu hamil juga akan memiliki rasa sensitifitas yang lebih tinggi dari biasanya. Maka dari itu, mendengarkan lagu klasik sangat dianjurkan. Karena selain dapat mengurangi stres dan juga tekanan, kondisi ibu hamil yang stabil juga akan mempengaruhi perkembangan janin menjadi lebih baik.

BACA JUGA : Suka Musik? Ini Fakta Manfaat Mendengarkan Musik Buat Kesehatan

2. Membuat Anda Tenang, Bahkan Pengantar Tidur Yang Menyenangkan

Lagu klasik terkadang menolong Anda untuk jauh lebih tenang saat menghadapi perubahan hormon kehamilan. Tubuh Anda merupakan rumah yang sehat dan nyaman untuk janin Anda. Menari dan menggerakkan badan mengikuti alunan lagu, menikmati lagu yang nyaman, memberikan energi positif ke tubuh yang akan diserap oleh janin Anda.

3. Mengajarkan Bayi Untuk Berkomunikasi

Manfaat mendengarkan lagu klasik untuk ibu hamil dapat berguna bagi masa depan bayinya, karena nantinya bayi akan belajar untuk dapat berkomunikasi dengan baik. Sebelum bayi lahir ke dunia, suara yang selalu di dengarnya menjadi sebuah acuan untuk selalu mendapatkan informasi. Musik yang selalu di dengarkan berulang ulang akan membuat bayi belajar mempelajari ucapan ibu mereka. Bayi juga akan belajar bagaimana cara untuk meresponnya. Sehingga, ketika sudah terlahir ke dunia ia akan lebih mudah berkomunikasi.

4. Mendorong Bayi Agar Bergerak Lebih Aktif

Irama lagu klasik mirip dengan detak jantung seorang ibu. Ketika lahir bayi juga akan senang untuk bergerak setelah dia mendengarkan lagu klasik. Respon ini akan membantu perkembangan bayi didalam hal kekuatan, koordinasinya dan juga kontrol motoriknya.

5. Merangsang Kecerdasan Otak
Lagu klasik juga berpengaruh dengan kecerdasan otak, khususnya otak kanan. Otak kanan berhubungan lansung dengan kepribadian seseorang,kreativitas, sni, sosialisasi dan juga bahasa serta komunikasi. Sebaiknya dalam mendengarkan lagu klasik ambilah waktu yang tepat yaitu sekitar jam 8 malam dengan cara menempelkan earphone pada sisi kiri dan kanan di perut ibu.

6. Membantu Belajar Menikmati Irama dan Melodi
Saat masih di dalam kandungan, bayi akan diajarkan untuk belajar mendengarkan melodi dari detak jantung sang ibu. Bayi yang belum lahir ke dunia akan dapat tidur terus tanpa harus terganggu meski otaknya dapat mendengar dan menangkap bunyi berulang ulang. Irama yang didengarkan secara rutin sebelum lahir membuat bayi belajar pada prinsip persepsi dan belajar tentang penalaran dasar misalnya seperti perbandingan, pengulangan dan pergantian.

7. Menenangkan Bayi
Manfaat lagu klasik untuk ibu hamil selanjutnya adalah dapat menenangkan bayi. Janin yang sudah terbiasa mendengarkan lagu klasik akan dapat tertidur dengan pulas dan tidak rewel. Selain itu lagu klasik juga bermanfaat bagi bayi prematur. Bayi yang terlahir prematur biasanya memiliki detak jantung yang cepat dan rasa tidak nyaman. Maka dari itu, cobalah untuk memutarkan lagu klasik agar detak jantungnya kembali normal dan bayi akan terlihat tenang.

Demikianlah 7 manfaat lagu klasik untuk ibu hamil dan janin. Yang perlu diingat adalah bahwa lagu klasik memang mampu menenangkan jiwa bagi ibu hamil serta mampu untuk meningkatkan kecepatan otak dalam bekerja sekaligus meningkatkan kecerdasan otak. Oleh karena itu dengan mendengarkan beberapa jenis lagu klasik contohnya, dengan sendirinya akan terhindar dari tekanan atau stres saat masa kehamilan.  Sehingga kondisi ibu hamil yang stabil akan mempengaruhi juga kondisi bayinya. Janin yang terbiasa mendengar lagu klasik memang cenderung jadi anak yang tenang. Ia juga mudah tidur nyenyak. Dan, tidur lelap ini ada hubungannya dengan perkembangan otak. Asal tahu saja, sel saraf di otak akan tumbuh pesat ketika janin tidur. Kalau ia tenang, tidur pun cukup. Perkembangan otak pun jadi maksimal. Selamat mencoba.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply