Tips Jam Tidur Bayi Biar Bisa Tidur Lebih Lelap

jam-tidur-bayi

Tips Jam Tidur Bayi Biar Bisa Tidur Lebih Lelap – Bayi baru lahir biasanya memiliki jam tidur yang cukup panjang yaitu sekitar 16 jam. Namun jam tidur bayi ini terbagi bagi yaitu tidur siang 7.5 jam dan tidur malam 8.5 jam. Selain itu, bayi baru lahir juga terprogram untuk bangun ketika popoknya basah, kedinginan, kepanasan dan alasan lainya . Sebagai orang tua bayi, ibu harus memahami jam tidur si kecil. Pada usia baru lahir hingga 3 bulan, ia membutuhkan waktu tidur hingga 16 jam, sedangkan pada usia satu tahun ia hanya membutuhkan waktu tidur sekitar 13 jam. Sewaktu bayi Anda semakin besar, ia mungkin akan bangun di tengah malam dan kemudian tidur kembali. Meskipun demikian seorang bayi harus di beri susu, di gendong mondar mandir, di ganti popoknya, dinina bobokan, dipijat atau cara lainnya sebelum kembali ia tidur.

BACA JUGA : Tips Pola Tidur Bayi Biar Bayi Bisa Tidur Tepat Waktu

tips-jam-tidur-bayi-biar-bisa-tidur-lebih-lelap

Berikut uraian jam tidur bayi :

1. Bayi umur 0 – 2 bulan
Bayi yang usianya 0 – 2 bulan tidur sekitar 16 jam per hari. Tidak heran jika bayi dalam usia ini akan menghabiskan waktunya dengan banyak tidur daripada untuk beraktivitas. Estimasi waktu tidurnya adalah sebagai berikut : tidur malam sebanyak 7.5 jam, tidur malam sebanyak 8.5 jam.

2. Bayi umur 3 bulan
Bayi umur 3 bulan juga masih banyak menghabiskan waktunya untuk tidur. Namun jumlah atau jam tidurnya tidak sebanyak dengan bayi umur 0 – 2 bulan. Bayi dengan umur tiga bulan memilikiwaktu tidur sebanyak 15 jam sehari. Estimasi waktunya adalah sebagai berikut: Tidur siang sebanyak 5 jam, tidur malam sebanyak 10 jam.

3. Bayi umur 4 – 5 bulan
Bayi di usia ini akan memiliki lama tidur sebanyak 15 jam. Waktu tidur itu sama dengan waktu tidur bayi dengan umur tiga bulan namun estimasinya berbeda. Berikut ini estimasi waktu tidur bayi dengan usia 4 – 5 bulan: Tidur siang sebanyak 4 jam, tidur malam sebanyak 11 jam.

4. Bayi umur 6 bulan
Bayi dengan umur 6 bulan memiliki waktu tidur sebanyak 14.5 jam. Waktu tersebut lebih sedikit dibandingkan sebelumnya dikarenakan saat umur 6 bulan bayi sudah bisa melihat benda di sekitarnya. Setelah itu, bayi sudah mulai bisa beraktivitas dibandingkan dengan usia sebelumnya. Estimasi waktunya adalah sebagai berikut: Tidur siang sebanyak 4.5 jam, tidur malam sebanyak 10 jam.

jam-tidur-bayi

5. Bayi umur 7 – 8 bulan
Bayi dengan umur 7 – 8 bulan akan memiliki waktu tidur atau lama tidur sekitar 14 jam. Estimasi waktu tidur bayi dengan usia 7 – 8 bulan tersebut adalah sebagai berikut: Tidur siang sebanyak 4 jam, tidur malam sebanyak 10 jam.

6. Bayi umur 9 bulan
Bayi saat usia ini memiliki lama tidur sebanyak 14 jam. Bayi saat usia ini sudah aktif dan sudah bisa tengkurap. Ibu harus tahu kapan saat bayinya sudah lelah dan kemudian mengantuk. Berikut ini estimasi jam tidur bayi usia 9 bulan: Tidur siang 3 jam, tidur malam 11 jam. Tidur saat malam hari akan lebih lama di bandingkan dengan usia sebelumnya dikarenakan bayi semakin aktif. Pada siang hari sudah banyak melakukan banyak aktifitas, sehingga malam harinya membutuhkan waktu tidur yang lebih lama.

7. Bayi umur 10 – 11 bulan
Bayi dengan usia ini akan memiliki waktu tidur siang lebih sedikit di bandingkan dengan malam hari. Bayipun sudah aktif bergerak kesana kemari dibandingkan dengan umur 0 – 5 bulan. Estimasi waktu tidurnya adalah: Tidur siang sekitar 2.5 jam, tidur malam memiliki waktu sekitar 11 jam.

8. Bayi umur 12 bulan
Bayi satu tahun sudah lincah dan aktif. Dia sudah bisa merangkak dan berjalan. Bayi 12 bulan membutuhkan waktu tidur sekitar 13 jam. Estimasi waktu tidurnya adalah: Tidur siang 2 jam, tidur malam 11 jam.

Tidak semua bayi langsung terlelap dalam tidunya, bayi dengan umur kurang dari 1 tahun membutuhkan bantuan ibunya untuk bisa tidur. Berikut cara agar bayi bisa tidur terlelap sesuai dengan jam tidur bayi Anda :

1. Mengenali gerakan bayi
Bayi yang berusia 6 hingga 8 minggu biasanya tidak bisa terjaga dalam waktu 2 jam penuh. Beberapa tanda yang Anda bisa lihat ketika bayi sudah menunjukkan tanda ñ tanda kelelahan antara lain menguap, mengucek ucek matanya, menarik narik daun telinganya atau terlihat lebih rewel dari biasanya maka Anda bisa coba untuk menidurkanya.

2. Popok dalam kondisi kering
Bayi membutuhkan popok yang kondisinya kering untuk bisa membuatnya tidur nyenyak. Jika dalam kondisi basah, bayi akan sering terbangun dalam tidurnya.

3. Bantu si kecil tidur teratur
Di butuhkan kesabaran untuk membuat si kecil memahami waktu tidurnya. Misalnya Anda bisa menyanyikan lagu nina bobo, memberikan ciuman sebelum tidur.

4. Ajari perbedaan siang dan malam
Pada siang hari biarkan suara bising tv, mesin cuci, dan suara suara keramaian. Ibu juga bisa mengajak bayi bermain. Jika malam hari biasakan suasananya tenang.

5. Letakkan bayi di tempat tidur
Caranya adalah dengan meletakkan bayi berada di tempat tidurnya meskipun bayi belum mengantuk. Jika dibiasakan seperti itu bayi akan tahu bahwa saat itu dia harus tidur.

Demikian uraian singkat tentang jam tidur bayi yang dapat Anda lakukan. Semoga bayi Anda bisa tertidur lelap dan Anda juga bisa beristirahat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply