Trik Inisiasi Menyusui Dini Ini Bisa Bantu Perkembangan Bayi Lebih Cepat

Inisiasi Menyusui Dini

Trik Inisiasi Menyusui Dini Ini Bisa Bantu Perkembangan Bayi Lebih Cepat – Hamil, melahirkan, dan menyusui merupakan bagian bagian penting untuk menjadi seorang ibu. Banyak sekali yang harus diperhatikan, semua bertujuan untuk memberikan kesehatan bagi bayi dan juga ibu. Setelah melewati proses hamil dan juga melahirkan seorang ibu akan memberikan ASI untuk bayinya. Taukah kamu para ibu bahwa memberikan ASI kepada bayi kamu sebaiknya dilakukan dengan cara inisiasi. Apa itu inisiasi meyusui dini? Inisiasi menyusui dini (IMD) adalah usaha aktif dari bayi untuk menyusu dalam jam pertama kelahiran. Tentu saja proses ini akan dibantu oleh dokter yang membantu juga untuk bersalin. Jadi inisiasi tidak dengan cara menjejalkan putting susu ibu ke mulut bayi seperti yang dilakukan ibu ibu menyusui biasanya tetapi membiarkan bayi mencari sendiri putting susu ibunya. Bayi akan bergerak aktif di perut ibunya.

Inisiasi Menyusui Dini

Ada beberapa manfaat dari inisiasi meyusui dini, yaitu sebagai berikut:

1. Bayi akan merasa tetap hangat karena langsung bersentuhan dengan kulit ibu tanpa terhalang sehelai kain pun. Tentu saja hal ini akan mengurangi resiko bayi meninggal karena merasa kedinginan.

BACA JUGA : Cari Tahu Penyebab Bayi Kembar Buat Yang Pengen Hamil Bayi Kembar

2. Ada ketenangan yang menghampiri ibu dan bayi akhrinya jalannya pernafasan dan detak jantung bayi akan stabil. Hal ini membuat bayi rewel sehingga dapat menghemat energi sang bayi maupun ibu.

3. Inisiasi meyusui dini membantu bayi untuk menerima stimulasi dini dan merasakan kehangatan cinta dari seorang ibu.

Trik Inisiasi Menyusui Dini

4. Sentuhan dan hisapan bayi di puting ibu akan memberikan kontraksi pada rahim dan melepaskan oksitosin yang berperan penting untuk mengeluarkan plasenta dan mengurangi terjadinya pendarahan. Selain itu, dapat juga merangsang hormon lainnya yang dapat membuat ibu merasa nyaman dan rilex dan menahan rasa sakit.

5. Berkurangnya resiko bayi terinfeksi karena adanya bakteri baik dari kulit ibu.

6. Bayi akan mendapatkan kolostrum atau cairan berharga yang kaya akan antibody dan zan pentinglainnya. Cairan berharga tersebut dapat memberikan penguatan pada daya tahan tubuh dan juga pertumbuhan usus bayi.

7. Bayi dengan IMD memiliki peluang untuk lebih berhasil menjalani program ASI eksklusif dan bisa mempertahankan proses menyusui selama enam bulan lamanya. Tentu saja hal ini baik untuk tumbuh kembang bayi yang memang membutuhkan ASI eksklusif dari ibu.

Trik Inisiasi Menyusui Dini Ini Bisa Bantu Perkembangan Bayi Lebih Cepat

Memberikan ASI sejak dini pada bayi ketika baru lahir memang memberikan manfaat yang besar dan memiliki nilai yang positif. Namun bagaimanakah cara yang benar untuk memberikan inisiasi menyusui dini untuk bayi ? Berikut ini beberpa caranya:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kegiatan untuk memunculkan inisasi menyusui sejak dini akan diberikan pada satu jam pertama setalah bayi lahir. Cara ini membutuhkan dari dokter yang membantu persalinan atau memang perawat yang memang sudah mahir.

2. Setelah bayi keluar, bayi dikeringkan seperlunya saja. Jangan sampai membersihkan warna putih pada kulit bayi, kulit vernix tersebut dapat membantu bayi tetap merasa nyaman dan jangan juga mengeringkan bagian tangna bayi karena akan memiliki peran penting untuk inisiasi meyusui dini. Tidak perlu membersihkan bayi apalagi jika mencuci kulit bayi dengan menggunakan air.

3. Setelah itu bayi ditengkurapkan pada perut bagian atas atau dada ibu, kulit bayi harus menempel pada kulit bayi tidak kain atau apapun yang membatasi, sebab dengan begitu akan ada kehangatan yang akan didapatkan bayi dan membuatnya merasa lebih nyaman lagi. Jika sudah kulit bertemu kulit, beri selimut pada ibu dan bayi untuk membuat lebih menghangatkan ibu dan juga bayi.

4. Dalam kurun waktu 30 menit mungkin bayi akan diam karena sedang menyesuaikan dan akan memberikan posisi siaganya. Ada proses yang akan ditemui bayi ketika sudah tidak ada di dalam kandungan.

5. Kemudian 30 dan 60 menit bayi akan menggerakkan mulutnya perlahan lahan mencari tangannya, jangan terkejut mungkin yang akan dijilati pertama kali adalah tangannya sebab bayi mencari bau dan rasa dari air ketuban yang ada ditangannya. Kemudian bayi akan menemukan bau cairan yang dikeluarkan payudara ibu sehingga akan membimbing bayi untuk menemukan puting ibu.

6. Jika bayi tidak menemukan puting, usahakan untuk tidak memaksakan atau menyodorkan puting susu ibu biarkan bayi mencari sendiri. Karena bayi memiliki naluri yang kuat untuk bisa menemukan puting susu ibunya.

7. Ketika bayi sudah menemukan puting susu ibunya, biarkan saja kulit bayi tetap bersentuhan dengan kulit ibu hingga proses penyusuan pertama dapat berjalan dengan baik.

8. Setelah proses menyusui dapat terselesaikan dengan baik, bayi akan melepaskan hisapannya kemudian bayi boleh dipisahkan dari ibunya untuk ditimbang, diukur, dicap dan juga diberi vitamin K dan juga beri tetes mata.

9. Lebih baik jika bayi dan ibu tidak dibedakan ruangan, sebab ikatan batin antara ibu dan anak akan memberikan kenyamanan. Selain itu, hal ini bisa membantu mengoptimalkan istirahat ibu yang memberikan inisiasi untuk menyusui kepada bayi.

Sekian informasi lengkap tentang manfaat dan tips untuk melakukan inisiasi meyusui dini. Walaupun tidak semua bayi dengan mudah melakukan IMD, namun kesabaran ibu dan semangat adalah penting agar bayi tetap sehat dan berkembang lebih cepat. Semoga memberikan manfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply