Panduan Gerakan Yoga Untuk Ibu Hamil Biar Persalinan Bisa Lancar

panduan-gerakan-yoga-untuk-ibu-hamil-biar-persalinan-bisa-lancar

Panduan Gerakan Yoga Untuk Ibu Hamil Biar Persalinan Bisa Lancar – Proses kelahiran bayi adalah saat – saat yang paling menegangkan dan mendebarkan bagi para wanita dan juga keluarganya. Tingkat stress dan puncak kecemasan pun ikut mewarnai di detik-detik menjelang proses ini. Tentunya stress yang terlalu over bisa mempengaruhi proses kelancaran saat melahirkan nanti. Maka itu diperlukan meditasi yang tepat untuk mengurangi tingkat stress pada ibu hamil menjelang proses kelahirannya, sadar akan banyaknya manfaat relaksasi yoga yang dirasakan. Senam/gerakan yoga pun akhirnya dianjurkan untuk ibu hamil, baik hamil tua maupun muda. Karena dengan melakukangerakan ini sebelum melahirkan bukan hanya membuat tubuh tetap segar dan bugar. Tetapi gerakan yoga untuk ibu hamil juga dapat memberi rasa nyaman selama kehamilan sekaligus memberi dampak positif sebagai persiapan persalinan.

BACA JUGA : Lagi Hamil? 7 Manfaat Lagu Klasik Untuk Ibu Hamil Dan Janin Ini Harus Kamu Ketahui

panduan-gerakan-yoga-untuk-ibu-hamil-biar-persalinan-bisa-lancar

Penjelasan ilmiah mengapa gerakan ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil ialah karena latihan senam/gerakan yoga untuk bumil (ibu hamil) ini merupakan sebuah pergerakan fisik yang mengutamakan penekanan khusus pada pernafasan dan relaksasi, dua unsur yang sangat penting ini mampu memberikan efek positif dalam meredam dan mengurangi rasa sakit akibat kontraksi pada saat melahirkan nanti. Selain itu juga, latihan ini akan banyak membantu untuk memperkuat otot-otot yang akan terlibat dalam proses persalinan nanti, serta untuk melepaskan ketegangan saraf belakang.

Gerakan ini harus dilakukan step by step dan secara perlahan untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa meminta bantuan suami untuk menemani sekaligus menjaga keseimbangan kamu saat melakukan gerakan yoga ini.

Berikut tips-tips gerakan yoga yang aman untuk ibu hamil :

1. Gerakan yang pertama adalah dengan duduk bersila, kamu bisa menggunakan matras atau diatas lantai jika tidak ingin memakai alas duduk. Duduk bersila dengan badan tegap, lalu letakkan kedua tangan anda diatas paha. Rilekskan pikiran anda sembari mengatur napas. Gerakan dasar ini untuk melatih anda dalam mengatur nafas dan penguat otot diharapkan dapat membantu dalam proses kelahiran nanti.

2. Pada gerakan ini kamu dapat memulainya dengan mengangkat tangan yang saling menggenggam ke belakang sambil duduk bersilang. Lalu bernafaslah secara teratur. Manfaat dari gerakan ini untuk melatih kekuatan otot lengan, bahu, dan pernapasan.

gerakan-yoga-yang-aman-untuk-ibu-hamil-gerakan-yoga-yang-aman-untuk-ibu-hamil

3. Kamu bisa memulainya dengan berdiri, lalu kedua tangan digenggam dan miringkanlah badan ke kanan dan ke kiri secara bergantian sekitar 5-10 menit. Manfaatnya untuk melatih pernapasann, kekuatan anggota tubuh agar lebih elastis dan juga melatih otot perut kamu.

4. Kali inigerakan yoga untuk ibu hamil masih diawali dengan posisi berdiri, salah satu tangan direntangkan keatas lalu kaki diangkat kebelakang. Lakukanlah secara bergantian hingga salah satu kaki kamu menyentuh tangan dan kemudian coba untuk memegang kaki secara perlahan-lahan. Atur keseimbangan kamu dan mintalah bantuan suami untuk membantu keseimbangan kamu jika gerakan ini dianggap agak sulit, jangan terlalu memaksa. Manfaat dari gerakan latihan ini untuk membuat tubuh menjadi lebih elastis, menguatkan otot perut dan membantu rahim merenggangkan ketegangan pada tubuh.

5. Duduklah dengan kedua kaki kamu terbuka ke belakang dan kedua tangan sambil memegang telapak kaki. Gerakan ini berfungsi untuk memberi kekuatan otot pada tulang belakang dalam menopang tubuh kamu.

6. Kemudian jatuhkan tubuh kamu secara perlahan-lahan dan coba angkat kembali tubuh kamu sambil tangan di genggam ke atas secara lurus dan posisi kedua tangan tetap disamping tubuh kamu. Manfaat dari gerakan yoga untuk ibu hamil ini adalah membuat tubuh kamu lebih elastis dan meningkatkan kekuatan seluruh anggota tubuh untuk menompang.

7. Lalu telungkuplah hingga menyentuh lantai dan tangan lurus ke atas hingga menyentuh lantai juga. Latihan ini untuk melatih tubuh kamu menjadi lebih elastis dan otot perut kamu menjadi lebih kuat.

8. Posisi kan tubuh kamu tidur telentang, lalu angkat kedua kaki dan usahakan agar telapak saling menyentuh atau bertemu dan peganglah kaki dengan kedua tangan kamu. Gerakan ini berfungsi untuk melatih otot yang berada di sekitar pergelangan paha, perut dan selangkangan kamu.

9. posisi terakhir dalam step ini ialah dengan mengangkat tubuh kamu secara perlahan untuk menguatkan otot-otot tubuh kamu seperti otot rahim dan juga otot perut.

Itulah beberapa langkah step by step gerakan yoga untuk ibu hamil bisa kamu lakukan dirumah. Jika dilakukan secara rutin apalagi di usia kandungan bumil yang sudah memasuki 3 semester dapat melatih dan mengelasitaskan otot rahim, perut dan paha. Sangat membantu dalam proses kelahiran si buah hati nantinya. Dapat meredakan nyeri punggung saat hamil dan merilekskan badan bumil yang terasa kaku.

Selain tips-tips gerakan diatas jika usia kandungan kamu sudah memasuki 3 semester. Ada baiknya mulai berjalan-jalan disekitar rumah, tidak usah jalan terburu-buru. Cukup dengan jalan santai pada sore hari. Lebih bagus lagi jika kamu jalan santai di subuh atau pagi hari. Karena terdapat kandungan oksigen lebih banyak dan lebih fresh pada subuh dan di waktu pagi.  Semoga bermanfaat ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply