Mau Belajar Yoga? Ini Dia Cara Senam Yoga Untuk Pemula

cara-senam-yoga-untuk-pemula

Cara Senam Yoga Untuk Pemula – Yoga merupakan sebuah olahraga yang mengkombinasikan gerakan bagian tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan, serta kondisi tubuh yang rileks atau santai saat melakukannya. Senam yoga ini bisa dilakukan oleh semua orang tanpa batasan umur ini juga banyak manfaatnya, antara lain :

BACA JUGA :  Manfaat Aerobik Ini Bikin Kamu Hilangin Masalah Perut Buncit Dan Jadi Lebih Bugar!

mau-belajar-yoga-ini-dia-cara-senam-yoga-untuk-pemula

1. Bisa mencegah dan mengurangi stress,
2. Menjaga kebugaran tubuh,
3. Menambah stamina,
4. Meningkatkan penguasaan emosi,
5. Melancarkan peredaran darah,
6. Membakar lemak secara alami,
7. Meningkatan fleksibilitas tubuh dan persendian,
8. Mengurangi gejala sakit pinggang, dan banyak lagi.

Bagi kamu yang berminat pada olahraga ini dan tidak mempunyai banyak waktu untuk mengikuti kelas senam yoga diluar jadwal aktifitasmu. Mungkin beberapa tips ini bisa membantu kamu. Senam yoga ini juga bisa kamu praktekan di rumah tanpa trainer dan cukup mudah untuk menghabiskan waktu luang kamu yang bermanfaat.

Berikut beberapa gerakan atau pose yoga yang cocok untuk pemula. Gerakan ini juga cocok bagi kamu yang jarang berolahraga. Jika kamu sudah menguasai semua gerakan ini kamu bisa melanjutkan ke gerakan yang lebih sulit nantinya.

cara-senam-yoga-untuk-pemula

a. Sukhasana pose
Pose duduk yang baik dalam yoga yaitu duduk bersila dengan posisi badan tegap, dada membusung kedepan, dan kepala di angkat ke atas sedikit serta rileks. Lalu bernafas lah dengan teratur. Lakukan gerakan ini selama 30 menit atau lebih tergantung kebutuhan kamu. Gerakan ini didaulat menjadi gerakan dasar pada gerakan yoga penguat otot serta beberapa gerakan memilin tubuh.

b. Standing yoga pose
Jika pose pertama anda sudah bisa melakukannya. Beralih lah ke pose yang kedua ini.
Caranya cukup mudah yaitu pertama bukalah kaki anda lebar-lebar lalu letakkan tangan kiri anda lurus ke kaki sedangkan tangan kanan kamu diarahkan miring ke samping sekitar 45 derajat. Arahkan fokus matamu mengikuti arah tangan kanan kamu. Gerakan ini bermanfaat untuk membentuk tubuh kamu.

c. Child pose (Balasana)
Pose yang terlihat mudah dan simple ini ternyata mempunyai efek langsung ke bagian vital pada tubuh kita yaitu dengan melatihnya organ pernafasan secara langsung. Pose cara senam yoga untuk pemula ini diawali dengan duduk bersimpuh, setelah itu condongkanlah badan kamu ke depan sampai menyentuh paha dan kepala menyentuh lantai serta tangan kamu terjulur ke depan.

d. Back pain pose
Pada pose ini yoga bermanfaat untuk melatih otot punggung dan membantu proses pemulihan pada cedera otot punggung. Gerakan ini bisa kamu awali dengan tidur telentang, kaki ditekuk searah 90 derajat lalu bokong kamu di angkat ke atas. Tangan rileks dan letakkan kesamping badan kamu.

e. Tree pose
Pada pose satu ini yoga bermanfaat untuk melatih keseimbangan dan kelenturan badan. Pose ini bisa kamu awali dengan berdiri tegak, lalu telungkupkan kedua tangan seperti dalam keadaan berdoa. Lalu angkat salah satu kaki kamu dan posisikan telapak kaki menyentuh di bagian paha dalam. Jika kaki kamu tidak bisa melakukan tips ini sekaligus, kamu dapat menggunakan tangan kamu untuk membantu mengangkat pergelangan kaki. Dan jagalah agar pinggul kamu tetap seimbang. Tahan sekitar 30 detik. Jika sudah seimbang, lakukanlah pose cara senam yoga untuk pemulaini secara bergantian antara kaki kiri dan kaki kanan.

f. Mountain pose
Meski terlihat sederhana, pose gerakan ini dapat memperbaiki postur dan keseimbangan tubuh kamu. Gerakan ini bisa kamu awali dengan berdiri tegak. Ujung ibu jari kaki menempel, sementara dibagian tumit biarkan agak renggang dan tangan letakkan di samping. Busungkanlah dada hingga postur tubuh ideal, dengan posisi kepala tetap tegak sedangkan punggung dan pinggul usahakan untuk tetap rileks. Lalu bernafaslah dengan teratur. Lakukan posisi ini selama 30 detik ñ 1 menit.

g. Reclining spinal twist pose
Awali pose gerakan ini dengan berbaring telentang, lalu rentangkanlah kedua tangan kamu kesamping. Kemudian tarik kaki kiri dan pinggang kamu ke arah kanan, lalu tekuk. Posisikan telapak kaki kiri berada sejajar dengan lutut kanan mu. Wajah arahkan ke telapak kanan, dan biarkan dada tetap mengarah kedepan. Tahanlah gerakan ini hingga 10 kali tarikan napas, lalu ganti sisi berikutnya.

h. Downward-Facing dog pose
Langkah pertama bentuk posisi tubuh anda menjadi huruf V terbalik. Lalu angkat kedua kaki anda dengan berjinjit, kembali seperti semula, lalu berjinjit kembali. Ulangi langkah ini selama 5 menit. Manfaat dari pose gerakan ini ialah untuk melatih fleksibilitas tubuh kamu.

i. Viparita karani pose
Pose gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Caranya ialah berbaring dengan kedua kaki diangkat dan disandarkan ke dinding kamar kamu. Lalu rentangkan kedua tangan mu ke samping. Rentang waktu untuk gerakan ini terserah kamu.

Bagaimana? cukup mudah bukan cara senam yoga untuk pemulaini. Kamu bisa langsung mempraktekannya dirumah tanpa harus didampingi trainer. Atau mungkin kamu bisa langsung praktekan sebelum tidur nanti sebagai pelepas stress dari hari yang melelahkan tanpa harus menunggu weekend. Semoga bermanfaat ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply