Cara Merawat Rambut Bercabang Secara Alami Ini Bikin Kamu Nggak Perlu Ke Salon

Cara Merawat Rambut Bercabang Secara Alami Ini Bikin Kamu Nggak Perlu Ke Salon

Cara Merawat Rambut Bercabang Secara Alami Ini Bikin Kamu Nggak Perlu Ke Salon – Rambut dengan ujung yang membelah menjadi dua disebut bercabang, salah satu masalah rambut bagi kalangan wanita yang cukup membuat pusing kepala. Bagi yang ingin mempunyai rambut panjang biasanya rambut bercabang ini akan menjadi salah satu momok menakutkan pada rambut kamu nanti, jika kamu tidak teratur dalam merawat kebersihan dan kesehatan rambut. Ada banyak penyebab kenapa rambut panjang kamu itu bisa bercabang ujungnya, bisa jadi penggunaan alat styling/catok rambut, pemakain hair dryer berlebih yang menyebabkan kelembaban rambut kamu jadi berkurang, terlalu lama terkena paparan sinar matahari saat beraktifitas diluar ruangan dan kurangnya kamu dalam mengonsumsi makanan yang mempunyai kandungan nutrisi untuk rambut cantikmu.

Cara Merawat Rambut Bercabang Secara Alami Ini Bikin Kamu Nggak Perlu Ke Salon

Ada beberapa solusi cepat untuk masalah rambut bercabangmu. Salah satunya dengan obat rambut yang banyak dijual disalon kecantikan. Tentunya saran ini tidaklah seratus persen dianjurkan. Selain tak bagus jika digunakan dalam jangka lama, hasilnya pun terkadang tak sesuai harapan, tergantung pada kecocokan rambut kamu dan tak jarang ada efek sampingnya juga. Nah,bagi kamu yang tidak mau mencoba bahan kimia sebagai solusinya. Ada baiknya kamu menggunakan tips cara merawat rambut bercabang berikut ini. Cukup mudah dan bisa kamu aplikasikan dirumah tanpa harus ke salon.

Cara Merawat Rambut Bercabang Secara Alami

1. Pepaya dan yogurt

Campuran pepaya dan yogurt ini ternyata mempunyai khasiat yang bagus untuk rambut. Membuat ramuan untuk merawat rambut bercabang ini ialah dengan menghaluskan buah pepaya secukupnya, lalu tambahkan sedikit minyak zaitun dan aduk hingga rata. Oleskan pada kepala kamu hingga ujung rambut. Diamkan selama 15 menit dengan penutup kepala atau shower cap. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

BACA JUGA : 8 Penyebab Rambut Rontok pada Pria ini Bantu Kamu Usir Rambut Rontok

2. Alpukat

Buah yang mempunyai tekstur lembut ini ternyata mampu mengatasi masalah rambut bercabang. Bagaimana membuat ramuan merawat rambut bercabang dari alpukat ini? yaitu dengan menghaluskan buah alpukat secukupnya dan ditambah dengan satu sendok teh minyak zaitun. Basahi bagian ujung rambut kamu yang bercabang sedikit, lalu olesi dengan masker alpukat yang kamu buat tadi. Diamkan selama 30 menit agar rambut dapat menyerap nya dengan baik. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Cara Merawat Rambut Bercabang Secara Alami

3. Kuning telur

Tidak hanya putih telur saja yang sering dipakai dalam solusi kecantikan alami, kuning telur pun tak kalah bagusnya untuk mengatasi rambut bercabang. Cara ialah pisahkan antara kuning dan putih telur, lalu ambil kuning telurnya dan campurkan dengan 1 sdm minyak zaitun serta 1 sdm madu. Oleskan pada kulit kepala hingga ujung rambut sembari dipijat perlahan. Diamkan selama 30 menit menggunakan shower cap. jika sudah bilaslah rambut kamu hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal cobalah cara merawat rambut bercabang ini sekali dalam seminggu.

4. Madu

Seperti yang kita tahu madu mempunyai multifungsi dalam berbagai solusi alternatif bidang kesehatan maupun kecantikan. Dan kali ini merawat rambut bercabang juga menggunakan madu untuk solusi tepat. Caranya juga mudah dengan mencampurkan dua sendok makan madu beserta dua sendok makan yogurt dan air perasan buah lemon. Setelah mencampurkan ketiganya, aduk hingga menjadi pasta (masker rambut). Beri air sedikit pada pasta (masker rambut) jika terlalu kental. Oleskan pada kepala kamu hingga ujung rambut. Diamkan selama 25 menit dan bilas menggunakan air hingga bersih.

5. Pijat lembut kepala kamu dengan minyak

Cara merawat rambut bercabang yang satu ini dengan memijat perlahan bagian kepala hingga ujung rambut kamu. Selain dapat membuat kepala kamu relaks, pijatan dengan minyak ini juga mampu mengembalikan kelembapan rambut kamu. Kamu dapat memilih jenis minyak yang kamu suka, misalnya minyak zaitun, almond dan kelapa. Atau kamu bisa juga mengkombinasikan ketiganya sekaligus untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Lakukan pijatan dengan minyak ini sebelum tidur dan diamkan semalaman. Kamu bisa membilas pada esok harinya. Tetapi jika kamu tidak punya banyak waktu untuk melakukan cara untuk merawat rambut bercabang ini, sehabis memijat dengan minyak cukup diamkan selama satu jam lalu bilas hingga bersih.

6. Potong rambut secara teratur

Banyak yang menyarankan untuk memotong rambut secara berkala guna menghindari rambut bercabang. Ahli kecantikan juga merekomendasikan untuk memotong rambut sekitar enam hingga delapan minggu sekali. Potong minimal 1 inchi atau sekitar 2,5 cm. Dengan melakukan cara untuk merawat rambut bercabang satu ini, split atau rambut bercabang dapat dihindari dan rambut kamu yang baru akan tumbuh dengan sehat.

7. Folic acid dan biotin

Dianjurkan untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung folid acid dan biotin. Folid acid memiliki kandungan yang bermanfaat dalam menambah jumlah sel darah merah untuk membantu rambut tumbuh dengan sehat. Makanan yang terkandungan zat ini terdapat pada sayuran hijau, gandum dan jeruk.
Biotin bermanfaat untuk memperkuat tiap helai rambut dan dapat kamu jumpai pada benih bunga matahari, kacang-kacangan, dan nasi merah.

Selain tips cara merawat rambut bercabangdiatas, sebaiknya kamu juga menghindari kegiatan smoothing/rebonding dan styling rambut. Karena jika terlalu sering melakukan kegiatan tersebut, dikhawatirkan rambut kamu akan lebih bercabang, kering dan semakin kusam. Teratur lah melakukan perawatan pada rambut kamu dirumah. Sehingga kamu tidak perlu lagi kesalon untuk mendapatkan rambut cantik mu. Semoga bermanfaat ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply