10 Cara Merawat Kuku Kaki Ini Bikin Kamu Nggak Perlu Ke Salon

10-cara-merawat-kuku-kaki-ini-bikin-kamu-nggak-perlu-ke-salon

10 Cara Merawat Kuku Kaki Ini Bikin Kamu Nggak Perlu Ke Salon – Kuku yang tumbuh pada manusia merupakan pertumbuhan dari semacam sel yang mempunyai kemiripan dengan sel lembut mati, yang kemudian mengeras dan menjadi kuku. Baik itu kuku pada tangan maupun kuku pada kaki. Kuku mempunyai fungsi sebagai pelindung dari kotoran. Sering diabaikanya perawatan kuku kaki menyebabkan kuku kaki akan mudah rusak daripada kuku tangan. Cara merawat kuku kaki sangat penting karena kaki merupakan bagian dari tubuh yang sering tertutup oleh kaos kaki, sepatu atau high heels. Sehingga kuku kaki lebih rawan rusak daripada kuku tangan. Banyak salon perawatan kuku yang menawarkan jasa dengan biaya yang tidak murah. Melakukan perawatan kuku kaki disalon memang lebih praktis. Tetapi juga akan menambah pengeluaran biaya. Karena itu cara merawat kuku kaki dapat dilakukan sendiri dirumah dan tentunya lebih efisien.

10-cara-merawat-kuku-kaki-ini-bikin-kamu-nggak-perlu-ke-salon

Perawatan kuku kaki yang dapat Kamu lakukan dirumah :

 Membarsihkan dan merapikan kuku dengan gunting kuku.
 Hindari memotong kutikula karena berfungsi sebagai penahan alami kuku agar terhindar dari infeksi.
 Merendam jari selama 10 menit sambil dipijat dan disikat dalam air hangat yang dicampur garam dan kelopak mawar dalam baskom untuk menghilangkan sel kulit mati.
 Keringkan dengan handuk dan gunakan pelembab kuku.
Alam menyediakan bahan – bahan yang dapat digunakan untuk melakukan perawatan kuku kaki. Mudah ditemukan di sekitar kita.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Kaki Pecah-pecah Supaya Kemana-Mana Bisa Lepas Kaos Kaki

Berikut cara merawat kuku kaki secara alami :

Cara merawat kuku kaki.
1. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh dapat digunakan untuk merawat kuku kaki kita. Caranya, ambil belimbing wuluh kemudian cuci dengan air bersih. Lalu gosokkan belimbing wuluh yang telah di potong pada kuku Kamu. Setelah itu bilas dengan air bersih. Hal ini dapat membersihkan kotoran yang berada disela – sela kuku Kamu sekaligus dapat menguatkan kuku.
2. Getah Pepaya
Getah pepaya juga dapat membantu membersihkan kulit sehingga kulit luar kuku tidak mudah mengelupas dan pecah. Caranya, getah pepaya dioleskan pada kulit yang pecah dan mengelupas lalu perlahan disikat. Bilas dengan air bersih.
3. Air Putih
Penggunaan air putih di sini bukanlah untuk dioleskan secara langsung seperti halnya menggunakan belimbing wuluh tadi. Tetapi Kamu menggunakan air putih sebagai cara merawat kuku agar mengkilap. Hal ini dapt membuat kuku menjadi lebih kuat dan kuku tidak mudah menjadi kering
4. Konsumsi Makanan Yang Berkalsium
Tidak hanya minum air putih namun mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan meminum susu dapat juga memperkuat kuku. Selain susu Kamu juga bisa memperbanyak mengkonsumsi ikan pari, ikan sarden, keju, biji – bijian dan kacang – kacangan. Ada juga beberapa sayuran seperti kangkung, brokoli, dan bayam, serta buah seperti strawberry, apel merah, nanas, pepaya, mangga, anggur, alpukat dan manggis.
5. Rajin Memotong Kuku Kaki Secara Berkala
Beberapa orang sering mengalami bengkak pada jari kaki akibat kuku yang tumbuh menembus bagian daging pada jari kaki. Biasanya orang juga akan sulit mengenakan sepatu pada kondisi ini. Pada kondisi terburuk, kuku kaki bahkan bisa sampai berwarna hitam, meradang kemudian terlepas. Sebagai langkah antisipasi sangat disarankan untuk rajin memotong kuku mengingat kecepatan tumbuh kuku jari kaki tak secepat kuku jari tangan. Tetapi jangan sampai memotongnya terlalu pendek karena rawan menimbulkan luka. Jangan lupa untuk rajin menjaga kebersihan kuku terutama pada bagian dalamnya untuk mencegah terjadinya infeksi. Membersihkan kotoran dari kuku dengan menggunakan alat yang tidak melukai bagian dalam. Jika kuku tidak dibersihkan, akan menjadi sarang cacing yang nantinya dapat masuk ketubuh dan menyebabkan penyakit.
6. Lidah Buaya
Caeanya bersihkan kuku dengan menggunakan lidah buaya. Oleskan merata pada kuku. Hal ini dapt membuat kuku terlihat bening dan cantik.
7. Lemon
Kuku yang seharusnya berwarna krem biasanya dapat berubah menjadi kuning. Warna kuning pada kuku ini menandakan bahwa kuku Kamu tidak sehat dan kotor. Lemon dapat mengembalikan warna kuku tersebut. Caranya adalah ambilah beberapa lemon lalu potong dan peraslah. Campurkan perasan lemon tadi dengan pasta gigi ( pilih pasta gigi pemutih ). Aduk hingga merata, setelah merata oleskan campuran tadi ke kuku Kamu yang berwarna kuning. Tunggu hingga campuran tadi mengering di kaki Kamu. Kemudian basuhlah menggunakan air hangat hingga benar – benar bersih. Lakukan minimal selama seminggu sekali, Kamu akan melihat kuku Kamu berwarna normal lagi.
8. Tea Tree Oil
Pastikan jari kuku kaki Kamu sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya. Oleskan tea tree oil. Diamkan beberapa menit lalu bilas dan keringkan. Tea tree oil mengandung senyawa yang disebut terpenoid, yang mempunyai sifat antiseptik dan anti jamur.
9. Obat Kumur
Cara merawat kuku kaki dengan obat kumur sangat mudah. Rendam kaki dalam air yang dicampur obat kumur. Bisa juga dengan menyemprotkannya. Biarkan selama 10 menit, lalu cuci dan keringkan. Umumnya, obat kumur mengandung thymol, eucalyptol, dan salicylate. Semua unsur itu ternyata efektif untuk membunuh bakteri dan jamur.
10. Menggunakan Sepatu Anti Air
Ketika Kamu berada di tempat yang becek, berair dan kotor sebaiknya Kamu menggunakan sepatu anti air. Hal ini bisa mencegah masuknya kotoran ke dalam kuku jari kaki. Setelah Kamu memakai sepatu atau Kamu pulang bepergian disarankan mencuci kaki dengan air bersih dan sabun.

Demikian cara merawat kuku kaki yang dapat Kamu lakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply