Cara Merawat Gigi Behel Biar Gigi Nggak Malah Rusak

cara-merawat-gigi-behel

Cara Merawat Gigi Behel Biar Gigi Nggak Malah Rusak – Siapapun itu tentunya menginginkan gigi yang indah dan tampak cantik. Namun tidak semua beruntung dilahirkan dengan gigi yang baik dan cantik. Namun Kamu tidak perlu berputus asa, sebab dengan banyaknya teknologi modern utamanya di bidang kesehatan, gigi yang dulunya tidak rata atau berjarang bisa diatasi dengan cara memakai behel. Saat menggunakan behel akan sulit bagi Kamu untuk bebas merawat gigi Kamu sebab akan terhalangi oleh behel Kamu. Oleh karena itu Kamu sangat membutuhkan cara merawat gigi behel agar gigi Kamu bisa tetap terawat meskipun menggunakan behel. Behel atau kawat gigi sekarang sedang banyak digandrungi oleh kaum muda. Namun sekarang pemasangan behel dilakukan karena ingin mengikuti trend dan sekedar untuk bergaya serta mempercantik penampilan. Seseorang akan lebih menjadi percaya diri ketika ada behel yang terpasang di giginya.

cara-merawat-gigi-behel-biar-gigi-nggak-malah-rusak

BACA JUGA : 6 Manfaat Behel Gigi Cari Tahu Biar Nggak Ikutan Tren atau Gaya Doang

Cara Merawat Gigi Behel Biar Nggak Rusak

Penggunaan behel pada gigi perlu mendapatkan perhatian khusus. Perlakuan khusus yang diberikan untuk gigi berbehel diperlukan guna menjaga kebersihan gigi dan menjaga kontruksi behel pada gigi agar tidak rusak. Untuk itu, Kamu harus mengetahui bagaimana cara merawat gigi behel. Berikut tips yang dapat Kamu lakukan :

1. Gunakan Sikat Gigi Khusus Behel
Saat ini sudah ada sikat gigi yang khusus untuk gigi behel. Ortodontis Kamu akan menawarkan Kamu atau merekomendasikan sikat gigi khusus ini. Biasanya sikat gigi ini berbentuk kecil dengan bulu sikat sangat halus. Sikatlah gigi Kamu minimal dua kali sehari atau setelah makan dan minum minuman manis. Ketika Kamu menyikat gigi, lakukan penyikatan sebanyak 2 kali. Penyikatan pertama tanpa menggunakan pasta gigi, penyikatan ini berfungsi untuk menghilangkan sisa sisa makanan yang menempel pada behel atau disela- sela gigi Kamu. Kemudian Kamu lanjutkan dengan menyikat dengan menggunakan pasta gigi. Namun jika behel gigi yang Kamu pasang adalah behel lepas pasang, Kamu cukup melepas behel dan menyikat gigi Kamu seperti biasa.

cara-merawat-gigi-behel

2. Membersihkan Sela sela Gigi dengan Dental Floss
Selain dengan menyikat gigi, ortodontis biasanya juga menyarankan Kamu untuk menggunakan sikat tambahan untuk sela sela gigi dan dental floss. Gunakan keduanya setiap kali Kamu menyikat gigi untuk menghilangkan plak dan mencegah terbentuknya karang gigi.

3. Gunakan Pasta Gigi untuk Gigi Sensitif
Berkaitan dengan pasta gigi , ortodontis biasnya akan merekomendasikan pasta gigi yang digunakan untuk gigi sensitif. Pergerakan gigi Kamu akan mengakibatkan gigi dan gusi Kamu menjadi sensitif dan cepat ngilu. Pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif akan membantu mengurangi rasa ngilu pada gigi dan mencegah sariawan pada gusi. Oleh sebab itu, selalu sediakan pasta gigi khusus untuk gigi sensitif.

4. Lengkapi dengan Obat Kumur
Setelah menyikat gigi dan membersihkan sela sela gigi, Kamu juga harus berkumur dengan obat kumur untuk mendapatkan kebersihan mulut yang menyeluruh. Obat kumur akan menjangkau sela sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi atau dental floss dan juga sekaligus untuk membunuh bakteri.

5. Mengkonsumsi Parasetamol
Hal ini tidak berlaku untuk Kamu yang menggunakan behel gigi fashion atau behel lepas pasang. Jika menggunakan behel permanen, biasnya setelah pemeriksaan behel rutin, gigi akan terasa lebih sensitif daripada biasanya. Mulut Kamu akan terasa mengencang atau nyerim. Ortodontis Kamu mungkin akan menyarankan untuk meminum parasetamol untuk menghilangkan rasa sakit pada mulut Kamu. Ingat, penggunaan parasetamol hanya digunakan pada waktu waktu tertentu dan bukan konsumsi rutin.

6. Sediakan Wax Ortodonti
Jika ada ujung kawat atau hook yang menonjol dan menusuk gusi Kamu , segera hubungi ortodontis And. Jangan coba untuk memperbaiki hook tersebut itu sendiri. Untuk solusi sementara , Kamu dapat menempelkan wax ortodonti untukmenutup kawat yang menusuk gusi Kamu.

7. Mengkonsumsi Vitamin
Cara merawat gigi behel selanjutnya adalah mengkonsumsi vitamin. Berkonsultasilah dengan ortodontis Kamu. Kadang ortodontis akan menyarangkan Kamu untuk memperbanyak konsumsi kalsium, vitamin C dan D untuk memperkuat gigi dan gusi Kamu.

8. Hindari Makanan keras
Hindarilah mengkonsumsi makanan keras atau setidaknya jangan menggigit atau memotong langsung menggunakangigi. Akan tetapi Kamu masih boleh mengkonsumsi makanan keras seperti apel atau paha ayam. Asalkan Kamu memotongnya kecil kecil terlebih dahulu.

9. Hindari Makanan yang Lengket
Selain makanan keras , hindari juga makanan yang lengket seperti popcorn , karamel,permen kenyal, atau permen karet. Selain mudah menyangkut di sela sela gigi dan behel , makanan lengket bisa menarik kawat atau karet behel sehingga bergeser atau lepas dari tempatnya.

10. Bersihkan Mulut Setelah Makan
Segera bersihkan sisa sisa makanan dengan menggunakan tusuk gigi tau berkumur dengan air putih setelah mengkonsumsi semua jenis makanan, begitu juga setelah minum minuman manis. Minum air putih setelah mengkonsumsi minuman manis akan membersihkan mulut Kamu dari zat zat yang dapat mengundang bakteri dan membuat mulut Kamu terasa asam.

11. Kunjungan Teratur ke Ortodontis
Berkunjunglah ke ortodontis Kamu setiap 4-6 minggu sekali secara rutin.

Anjuran untuk melakukan perawatan gigi lebih intensif tentunya bersifat berbeda, tergantung pada tingkat sensitivitas saraf gigi, kondisi gigi, dan kesehatan gigi Kamu. Demikian tips cara merawat gigi behel yang bisa kami paparkan. Semoga bermanfaat.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply