Cara Menghilangkan Bekas Luka Di Kaki, Wajah, Dan Kulit Dengan Bantuan Medis

cara-menghilangkan-bekas-luka-di-kaki-wajah-dan-kulit-dengan-bantuan-medis

Cara menghilangkan bekas luka di kaki, wajah, dan kulit – Kamu mungkin bisa menghilangkan bekas luka yang ringan dengan cara alami, tetapi untuk bekas luka yang berat dengan perkiraan bisa menghilang dalam hitungan tahun, mungkin kamu harus menggunakan bantuan medis dalam menghilangkannya. Ya, jika kamu sudah mencoba berbagai cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami dengan melakukannya secara rutin tetapi hasilnya tetap nihil, kamu harus segera menghubungi dokter terutama jika ukuran bekas lukanya tampak besar dan menyebar.

BACA JUGA : Cara Menghilangkan Bekas Luka Jerawat Di Wajah Secara Alami Untuk Kulit Lebih Cerah

cara-menghilangkan-bekas-luka-di-kaki-wajah-dan-kulit-dengan-bantuan-medis

Berikut beberapa cara menghilangkan bekas luka di kaki, wajah, dan kulit dengan bantuan medis.

1. Suntik kolagen
Kamu pasti sudah sering dengar tentang banyaknya artis yang memilih suntik kolagen. Suntik kolagen memang sangat bermanfaat sebagai cara non alami untuk membuat kulit kencang dan tampak awet muda. Tetapi, kamu juga bisa menggunakan suntik kolagen untuk memudarkan bekas luka yang kamu punya dan kemeudian menghilangkannya jika dilakukan secara rutin.

Biasanya, dokter akan menyarankan cara ini terutama untuk mengatasi bekas luka yang tampak timbul seperti jaringan hipertropik atau keloid. Karena cara menghilangkan bekas luka di kaki, wajah, dan kulit ini terbilang sementara, kamu harus melakukan beberapa kali suntikan supaya efek bisa dipertahankan.

2. Suntik kortikosteroid
Selain suntik kolagen, kamu juga bisa mencoba suntik kortikosteroid. Suntik ini bisa bermanfaat terutama untuk mengatasi bekas luka karena hipertropi atau keloid. Suntikan kecil akan diberikan pada area bekas luka supaya bisa meratakan bekas luka dan kemudian dapat mencegah peradangan.

BACA JUGA : Cara Memancungkan Hidung Secara Alami Tanpa Operasi Dengan Hasil Maksimal

cara-menghilangkan-bekas-luka-di-kaki-wajah-dan-kulit
Cara ini memang tidak bisa menjamin dapat menghilangkan bekas luka secara menyeluruh. Tetapi, secara signifikan sangat membantu untuk membuat penampilanmu jauh lebih baik dan perlahan mengembalikan rasa percaya dirimu.

3. Bedah plastik
Metode selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan bedah plastik. Bedah plastik bisa dilakukan dan jika bekas luka dikarenakan keloid, maka dokter akan melakukan bedah plastik dengan cara suntik kartikosteroid. Begitu juga dengan bekas luka karena hipertrofik, akan dilakukan prosedur lainnya berdasarkan penyebab.

Untuk bedah plastik, kamu mungkin merasa bahwa cara ini terbilang efektif dalam menghilangkan bekas luka lama, tapi namanya juga operasi atau bedah plastik, tentu bisa menimbulkan bekas luka baru.

4. Teknologi laser
Pilihan yang cukup populer saat ini sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki, wajah, dan kulit adalah teknologi laser. Caranya memang bisa dilakukan untuk bekas luka di wajah, kaki atau kulit dengan hasil yang signifikan. Bahkan, jika tingkat keparahan bekas luka tersebut tidak terlalu berat, maka bisa dihilangkan bekas lukanya secara total.

5. Radioterapi
Ada juga teknik radioterapi yang bisa digunakan guna mengurangi resiko munculnya kembali bekas luka karena keloid atau hipertrofi terutama pada bekas operasi. Kamu bisa menggunakan radioterapi tetapi dalam skala kecil.

Tetapi, tidak disarankan untuk menggunakan radioterapi secara asal-asalan sebab teknik ini hanya dianjurkan untuk kasus-kasus yang serius sebab jika dilakukan dalam jangka panjang maka akan memberikan resiko yang kurang baik dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

BACA JUGA : Punya Masalah Kulit? Waspada Dengan Mengenali Gejala Kanker Kulit Ini

6. Skin needling
Teknik dengan bantuan medis ini biasanya dilakukan dengan bantuan alat yang dilengkapi dengan ratusan jarum kecil. Alatnya memang tampak benar-benar mengerikan, tetapi teknik ini benar-benar populer di Amerika untuk menghilangkan bekas luka. Biasanya, pasien akan melakukan perawatan ini dengan bertahap dan dilakukan pengulangan untuk hasil yang lebih maksimal.

7. Membalut luka
Bantuan medis yang bisa diberikan untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan membalut luka menggunakan bahan elastis. Cara ini bertujuan untuk meratakan dan kemudian membuat bekas luka menjadi lembut. Prosedur ini bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka bakar yang terjadi dalam ukuran besar dan atau dilakukan ketika pasien usai menjalani cangkok kulit.

Tetapi, kelemahan menggunakan teknik ini adalah dibutuhkan waktu yang cukup lama bahkan hingga 1 tahun dan dokter akan melarang kamu atau siapapun untuk melepaskan balutan tersebut.

8. Plester gel silicon
Jika bekas luka muncul karena keloid atau hipertropik, cara menghilangkan bekas luka di kaki, wajah, dan kulit bisa dilakukan dengan menggunakan plester gel silicon. Cara ini bekerja untuk mengurangi resiko kemerahan dan membuat bekas luka berukuran lebih keci dari sebelumnya.

Biasanya, dokter akan menempelkan silicon di atas bagian kulit yang mengalami bekas luka. Setiap harinya, silicon ditempel selama 12 jam. Dalam menjalankan perawatan ini, pasien akan menghabiskan waktu hingga 3 bulan atau lebih untuk mendapatkan hasil optimal.

9. Menggunakan gel atau krim
Kamu juga bisa menghilangkan bekas luka dengan rajin menggunakan krim atau gel. Bekas luka bisa diatasi dengan cara ini terutama karena benda tajam. Ada salep penghilang bekas luka yang bisa kamu temukan di pasaran atau apotik yang mengandung vitamin E, silicon dan juga steroid.

Biasanya, dokter juga akan memberikan resep krim penghilang bekas luka yang mengandung antihistamin terutama untuk pasien yang memiliki keluhan sensasi gatal-gatal pada bekas lukanya.

Jika bekas luka muncul karena jerawat, sebaiknya krim penghilang bekas luka tidak langsung digunakan. Dibutuhkan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari komplikasi.

Semoga membantu!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply