Manfaat Pemakaian Behel Pada Gigi Untuk Kesehatan

manfaat-pemakaian-behel-pada-gigi-untuk-kesehatan

Manfaat pemakaian behel pada gigi – Dulu, seseorang yang memutuskan menggunakan behel atau kawat gigi dianggap culun, kuno dan seringkali dijadikan bahan ejekan. Namun, fashion dan tren berkata lain. Kali ini, kawat gigi atau behel gigi yang semula dijadikan jalan untuk memperbaiki gigi agar tampak rapi, tidak tonggos atau rata malah digunakan oeh banyak kalangan yang tidak memiliki masalah gigi sebelumnya. Memang, jika digunakan dengan benar dan dipakai secara tepat dengan berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu, maka akan memberikan beberapa manfaat yang mungkin kamu harus tahu.

BACA JUGA : 6 Manfaat Behel Gigi Cari Tahu Biar Nggak Ikutan Tren atau Gaya Doang

manfaat-pemakaian-behel-pada-gigi-untuk-kesehatan

Manfaat Pemakaian Behel Gigi

1. Memperbaiki bentuk tulang rahang
Manfaat pemakaian behel pada gigi sangat membantu terutama untuk kamu yang punya masalah dengan bentuk tulang rahang. Nah, behel pada gigi bisa dijadikan cara untuk merubah dan kemudian memperbaiki bentuk tulang rahang. Tulang rahang yang kemudian jadi lebih baik akan memberikan dampak positif pada bentuk wajah dan kontur gigi.

2. Mencegah masalah tempromandibular disorder
Pernah dengar tempromandibular disorder? Masalah ini bisa muncul ketika terdapat kondisi abnormal karena adanya tekanan atau stress terutama di bagian sendi rahang. Masalah ini bisa terjadi karena adanya posisi atau kondisi gigi yang memiliki susunan yang tak sama. Sehingga, dengan menggunakan kawat gigi, kamu bisa menghindari resiko terkena masalah tersebut.

BACA JUGA : Cara Merawat Gigi Behel Biar Gigi Nggak Malah Rusak

3. Mampu membantu menjaga kesehatan mulut
Bukan hanya itu, kawat atau behel gigi juga sangat membantu agar kesehatan mulut tetap terjaga. Untuk gigi yang sudah teratur dan rapi karena penggunaan behel gigi akan membantu gigi dalam melakukan proses mengunyah secara lebih baik sehingga membersihkan gigi pun juga lebih optimal karena gigi sudah rata dan rapi. Dengan demikian, maka sisa-sisa plak dan juga bakteri karena sisa makanan di dalam mulut menjadi lebih sedikit dan mudah dibersihkan. Sehingga, gigi pun bisa jauh lebih sehat dibandingkan sebelumnya karena dapat mengurangi beberapa maslaah seperti gigi keropos, gigi berplak, gusi mudah berdarah atau bahkan masalah bau mulut.

4. Membantu proses mengunyah
Seperti yang sudah disebutkan bahwa gigi yang dibehel secara benar dan sukses, bisa membuat gigi lebih teratur sehingga proses mengunyah makanan pun menjadi lebih baik. Dengan demikian, manfaat yang bisa kamu preoleh adalah tidak ada resiko bahan makanan yang tersisa di gigi yang tidak rata.
Proses mengunyah juga menjadi lebih baik dan optimal, sehingga makanan bisa hancur lebih baik dan membantu proses pencernaan menjadi lebih mudah.

BACA JUGA : Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Dan Cepat Tanpa Perlu Pergi Ke Salon

manfaat-pemakaian-behel-gigi

5. Mampu mencegah gigi berlubang
Manfaat pemakaian behel pada gigi selanjutnya adalah sangat membantu gigi terutama dalam masalah gigi berlubang. Saat kondisi gigi mulai rapi karena pemasangan behel gigi yang sukses, maka gigi bisa dibersihkan dengan mudah. Sehingga, akan memberikan imbas resiko berkurangnya gigi kotor dan sulit dijangkau karena gigi yang tidak rata. Kamu bisa menggunakan behel gigi untuk meratakan gigi agar bisa dibersihkan lebih mudah dan mengurangi bakteri atau kuman yang menyebabkan gigi berlubang.

6. Proses pembersihan gigi jadi lebih mudah
Menggunakan behel gigi juga sangat membantu terutama dalam membantu kondisi gigi agar jauh lebih teratur dan rapi. Jika pemasangan tampak sukses dengan hasil gigi yang lebih rapi, maka membersihkan gigi menjadi lebih mudah. Kamu pun tidak kebingungan untuk merawat dan menyikat gigi. Hasilnya, gigi pun menjadi lebih bersih dari sebelumnya.

7. Membantu mengurangi resiko masalah pencernaan dan stroke
Jangan pernah meremehkan kesehatan gigi, sebab tanpa bantuan gigi dalam mengunyah makanan sampai benar-benar lumat, maka bisa menimbulkan masalah pencernaan terutama untuk kamu yang punya pencernaan sensitif. Kerapihan gigi juga bisa mengurangi resiko stroke. Untuk susunan gigi yang amburadul dan membuat sela-sela gigi tampak sedikit sulit dibersihkan, maka kuman bisa bersarang didalam mulut yang kemudian akan mengganggu kesehatan gusi dan saraf. Jika hal ini terus dibiarkan, ada potensi besar akan merambat ke jantung dan memicu stroke!

Itulah beberapa manfaat pemakaian behel pada gigi, namun segala sesuatu itu pasti ada baik dan buruknya. Bahanya jika sekedar memakai behel karena pengen ikut tren dan tampak cantik, apalagi karena artis idolanya juga pakai behel gigi tentu ini tidak dianjurkan. Behel gigi sangat baik digunakan terutama karena kebutuhan, bukan karena fashion. Sebab, memakainya pun tidak semudah yang kamu lihat. Behel hanya disarankan untuk digunakan karena ada masalah gigi yang tidak pada tempatnya, gigi bertumpuk atau berjejal-jejal dan gigi yang terlalu renggang sehingga ada celah di antara gigi serta gigi yang tidak rata yaitu maju dan mundur.

Efeknya pun cukup banyak. Saat menggunakan behel gigi, sudah pasti kamu akan merasakan sakit dan bahkan memicu karang gigi juga lubang gigi jika tidak segera menyikat gigi dan kurag menjaga kebersihan gigi. Apalagi jaringan lunak bisa bermasalah, seperti gusi, bibir dan pipi yang bisa mengalami peradangan gusi atau sariawan. Jika ingin menggunakan behel pun, harus dilakukan konsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu. Bahkan pemeriksaan struktur gigi dan lainnya juga harus dijalani supaya tidak asal-asalan dan malah merusak gigi sehingga tidak malah mendapatkan manfaat pemakaian behel pada gigi. Semoga membantu!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply